Penulis Utama : Pascal Zechariah R K
NIM / NIP : D0112072
×

Good Corporate Governance merupakan pedoman tata kelola perusahaan yang telah menjadi dasar bagi perusahaan, baik swasta maupun nasional. PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. menggunakan good corporate governance untuk mencapai tujuan sebagai sebuah BUMN, seperti meningkatkan kepuasan pelanggan, re-branding perusahaan, dan pemenuhan tanggung jawab terhadap pemegang saham, serta menghadirkan keterbukaan informasi secara internal maupun eksternal. Garuda Indonesia Experience merupakan salah satu strategi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. yang berkaitan dengan pelayanan. Penelitian ini bermaksud melakukan analisis terhadap penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience.
Indikator penilaian penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience dianalisis dengan mengunakan enam aspek berdasarkan Tjager (1999), yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian, kesetaraan, dan pengungkapan. Analisis terhadap penerapan good corporate governance juga menggunakan teori-teori yang disebutkan dalam Sutedi (2012), yaitu : agency theory, shareholder value theory, dan stakeholder theory.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive dan snowball sampling, serta studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience bersifat satu arah (hanya pihak internal yang mendapatkan keterbukaan informasi terkait formulasi strategi Garuda Indonesia Experience). Masyarakat tidak bisa mengetahui informasi terkait secara mendetail, karena termasuk dokumen rahasia. Hasil ini mendorong shareholder value theory mempengaruhi penerapan good corporate governance dalam formulasi strategi Garuda Indonesia Experience
Kata kunci : Formulasi Strategi, Garuda Indonesia, Garuda Indonesia Experience, Good Corporate Governance

×
Penulis Utama : Pascal Zechariah R K
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112072
Tahun : 2016
Judul : Analisis Penerapan Good Corporate Governance (GCG) dalam Formulasi Strategi PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Studi Tentang Formulasi Strategi Garuda Indonesia Experience)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0112050-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.