Penulis Utama : Wahyu Winarto
NIM / NIP : I1113091
×

Pelaksanaan suatu proyek konstruksi, tidak pernah terlepas dengan pengetahuan akan pengendalian material. Maka ada tiga hal yang harus diperhatikan. Yaitu waktu pelaksanaan, biaya pelaksanaan dan sumber daya. Dalam pelaksanaan proyek, masalah terbatasnya sumber daya dapat mengakibatkan terlambatnya pelaksanaan proyek tersebut. Seperti yang diketahui untuk keberhasilan suatu proyek harus disertai dengan manajemen konstruksi yang baik agar suatu proyek dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan salah satu faktor utamanya adalah pengendalian terhadap bahan material, tujuan dari penelitian ini dalam proyek pembangunan PT TASPEN adalah untuk mengetahui bagaimana pemakaian bahan dilapangan dan mencegah agar tidak terjadinya pemakaian bahan yang berlebihan dengan adanya peranan manajemen konstruksi.
Metode yang digunakan dalam suatu pengendalian adalah Metode Analisa Varian. Pengendalian bertujuan untuk dapat mengetahui seberapa besar total biaya perencanaan (standar) dan total biaya pelaksanaan (aktual). Dengan melakukan perhitungan perbandingan antara biaya standar dan biaya aktual maka akan dapat terlihat varian apa yang terjadi varian positif atau varian negatif. Hasil perhitungan yang diperoleh kemudian akan diaplikasikan pada tabel pelaporan varian dan grafik “S", sehingga dapat diperoleh seberapa besar varian yang paling dominan terjadi selama masa hari kerja.
Penerapan Metode Analisa Varian ini dilakukan pada Proyek Rehabilitas Kantor Dirut PT. Taspen, Jakarta Pusat pada tabel pelaporan varian maka dapat dilihat varian yang paling besar terjadi pada minggu ke-5 hari kerja sbesar Rp 4.988.922,40, sebagai varian negatif (-). Berdasarkan perbandingan dengan grafik “S” antara total biaya standar bahan dengan biaya aktual bahan, maka dapat diperoleh biaya varian total sebesar Rp 4.988.922,40 sebagai varian negatif (-).
Kata Kunci : Pengendalian Bahan, Manajemen Konstruksi, Analisa Varian Bahan

×
Penulis Utama : Wahyu Winarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1113091
Tahun : 2016
Judul : Pengendalian Biaya Bahan Dengan Metode Analisa Varian pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus Proyek Rumah Dinas PT. Taspen, Jakarta Pusat)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil- I.1113091-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ibu Fajar Sri Handayani, ST, MT.
2. Setiono, ST, Msc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.