Penulis Utama : Laode Mukhlis Adiguna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012113
Tahun : 2016
Judul : Studi Evaluasi : Persepsi Mahasiswa Terhadap Blok Elektif Pada Program Studi Kedokteran FK UNS Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Kedokteran Jur.Kedokteran - G0012113 - 2016
Subyek : EVALUASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK 

Laode Mukhlis A, G0012113, 2016.  Studi Evaluasi : Persepsi Mahasiswa terhadap Blok Elektif pada Mahasiswa Kedokteran FK UNS Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 
Latar Belakang: Munculnya permasalahan-permasalahan baru di bidang kesehatan menuntut mahasiswa kedokteran untuk senantiasa meningkatkan mutu pendidikan. Blok elektif merupakan blok yang disiapkan oleh fakultas kedokteran berdasarkan penilaian akan kompetensi tambahan bagi dokter sesuai dengan kebutuhan masyarakat, oleh karena itu pelaksanaan blok elektif dirasa perlu untuk setiap fakultas kedokteran. Evaluasi blok elektif dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas blok elektif dan menjaga mutu kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap blok elektif di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) Surakarta.  
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan terdiri atas delapan orang mahasiswa program studi kedokteran UNS tahun keempat yang telah melalui seluruh rangkaian blok elektif. Pengambilan sampel penelitian dengan cara purposive sampling yaitu tiga mahasiswa blok gizi, tiga mahasiswa blok olahraga, dan dua mahasiswa blok biotek. Data diambil dengan cara Focus Group discussion (FGD). Hasil FGD kemudian dianalisis dengan metode thematic content analysis.  
Hasil Penelitian: Data yang ditemukan berupa bagaimana pandangan mahasiswa terhadap blok elektif FK UNS, keunggulan konten dan proses tiap blok elektif, serta kekurangan konten dan proses tiap blok elektif.  
Simpulan Penelitian: Mahasiswa mengerti tujuan dan manfaat blok elektif, namun mahasiswa merasa pilihan blok elektif FK UNS masih kurang banyak. Berdasarkan hasil evaluasi, masih ditemukan adanya kekurangan dalam blok elektif baik dalam konten maupun proses.   

Kata kunci: Evaluasi, Blok Elektif, Mahasiswa Kedokteran 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
bab 6.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sinu Andhy Jusup, dr, Mkes
2. Zulaika Nur Afifah, dr, Mkes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran