Penulis Utama : Ardi Kusuma
NIM / NIP : K8112010
×

ABSTRAK 

Ardi Kusuma. K8112010. EFEKTIVITAS METODE READ ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2016.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode read aloud terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  quasi eksperimen dengan desain between subject design. Sampel penelitian ini adalah 50 anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Surakarta. Validitas instrumen menggunakan content validity. Teknik pengumpulan data melalui tes untuk mengukur keterampilan menyimak anak. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan  kolmogorov smirnov dan levene test for equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan, pertama, hasil kedua kelompok menunjukkan adanya peningkatan, rata-rata pretest kelompok eksperimen dari 24,92 meningkat menjadi 32,40 pada saat posttest, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol dari 22,80 pada saat pretest meningkat menjadi 27,12 pada saat posttest. Kedua, terdapat efektivitas metode read aloud terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun, yang dibuktikan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (ρ<0,05). Ketiga, penelitian ini juga menunjukkan nilai R Square 0, 752, yang berarti bahwa sumbangan efektif metode read aloud terhadap keterampilan menyimak anak sebesar 75,2%.

Kata kunci : metode read aloud, keterampilan menyimak, pendidikan anak usia dini.

×
Penulis Utama : Ardi Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112010
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Metode Read Aloud Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.PG PAUD - K8112010 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Muhammad Munif S., S.Pd.I., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.