Penulis Utama : Soetrisno
Penulis Tambahan : 1. Sri Sulistyowati
2. Yolanda Rafinia
3.
NIM / NIP : 195303311982021003
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Riwayat Kehamilan dengan Kejadian Kanker Ovarium
Edisi :
Imprint : Surakarta - UNS: F. Kedokteran - 2016
Kolasi : 6 hal.
Sumber : Proceeding Simposium Nasional ‘’The Potential Harmfulness of Cosmetics Subtances for Pregnant and Br
Subyek : KANKER OVARIUM
Jenis Dokumen : Artikel Prosiding
ISSN : 2528-4665
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Latar Belakang: Saat ini kanker ovarium merupakan salah satu kanker terbesar penyebab kematian pada wanita1,2. Kehamilan yang memperlambat ovulasi bisa dijadikan proteksi terhadap kejadian kanker ovarium3. Bertujuan untuk mengetahui hubungan riwayat kehamilan dengan kejadian kanker ovarium.

Metode dan Analisis Data: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan
case control. Penelitian dilaksanakan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan RSUD DR. Moewardi Surakarta. Sumber populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan dan rawat inap poliklinik. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok kasus yaitu pasien dengan kanker ovarium dan kelompok kontrol yaitu pasien yang tidak memiliki diagnosis kanker ovarium. Subjek diminta untuk mengisi kuesioner yang berisi tentang identitas dan riwayat kesehatan pribadi. Perhitungan jumlah sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus penghitungan jumlah sampel case controltidak berpasangan dimana penelitian dengan analisis multivariat (analisis yang melibatkan sebuah variabel dependen dan beberapa variabel independen). Jumlah sampel hasil perhitungan dengan rumus didapatkan 1014 subjek kelompok kasus dan 1541 subjek kelompok kontrol. Namun karena keterbatasan waktu dan kemampuan peneliti maka diputuskan untuk mengambil 66 subjek kelompok kasus dan 60 subjek kelompok kontrol.Variabel bebas pada penelitian ini adalah total bulan riwayat kehamilan. Skala pengukuran untuk variabel total bulan kehamilan adalah rasio. Variabel terikat pada penelitian ini adalah kanker ovarium.Subjek yang datang ke poliklinik dengan diagnosis kanker ovarium dan diberi sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan riwayat menyusui sebelumnya. Skala pengukuran variabel ini adalah ordinal.Variabel luar pada penelitian ini terbagi menjadi terkontrol dan tidak terkontrol. Variabel terkontrol pada penelitian ini yaitu usia, pemakaian kontrasepsi hormonal, riwayat kanker ovarium sebelumnya, riwayat kanker sebelumnya, riwayat kanker pada keluarga, riwayat menyusui sebelumnya, riwayat pemakaian talc, riwayat penggunaan terapi hormon pengganti, dan riwayat paparan radiasi. Variabel- variabel ini dikontrol saat analisis data. Variabel tidak terkontrol pada penelitian ini yaitu faktor lupa dan paparan stres. Subjek penelitian mengisi informed consent dan diberi sejumlah pertanyaan berdasarkan kuesioner identitas dan data riwayat kesehatan pribadi. Menggunakan uji regresi logistik.

Hasil Penelitian: Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut, dari total 126 sampel yang diambil, 60 subjek dimasukkan ke kelompok kasus dan 66 subjek dimasukkan ke kelompok kontrol sesuai dengan diagnosis dan rekam medisnya. Subjek dengan riwayat menyusui lebih dari 180 hari memiliki jumlah terbanyak dengan 107 subjek (84,9%). Subjek yang tidak pernah menyusui sama sekali menempati urutan kedua dengan jumlah 17 subjek (13,49%), sedangkan subjek dengan total bulan menyusui 1 – 180 hari berjumlah 2 subjek (1,58%). Subjek yang memiliki riwayat pemakaian kontrasepsi hormonal sebanyak 52 subjek (41,2%) dan subjek yang tidak pernah menggunakan kontrasepsi hormonal sebelumnya sebanyak 74 subjek (58,7%). Analisis multivariat didapatkan pasien yang lebih banyak total bulan kehamilannya memiliki peluang 0,971 kali lipat lebih banyak untuk tidak terkena kanker ovarium (OR= 1,0,971 , CI 95%, 0,954 – 0,989 , p = 0,002). Dengan demikian riwayat kehamilan memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian kanker ovarium.

 

File Dokumen : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Jurnal : prosiding simposium2.pdf
Link Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran