Penulis Utama : Fransiska Grase S.w
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M01
Tahun : 2018
Judul : Estimasi eror standar parameter regresi logistik menggunakan metode bootstrap pada data pasien hiperkolesterolemia di Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - MAtematika FMIPA UNS - 2018
Kolasi : 8 hal.
Sumber : Hadiah
Subyek : ANALISIS REGRESI; STATISTIK MATEMATIS
Jenis Dokumen : Makalah
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK. Regresi logistik merupakan analisis regresi untuk mengetahui hubungan antara variabel respon yang memiliki dua kemungkinan nilai dengan beberapa variabel prediktor. Metode yang digunakan untuk mengestimasi parameter regresi logistik adalah metode maximum likelihood estimation (MLE). Metode ini akan menghasilkan estimasi yang baik dari parameternya jika hasil estimasinya mempunyai eror standar yang kecil.
Pada suatu penelitian, ciri data yang baik harus dapat mewakili populasinya. Apabila sampel data yang diambil ukurannya kecil maka dapat menimbulkan nilai eror standar yang besar. Bootstrap merupakan suatu metode resampling yang dapat digunakan untuk memperoleh estimasi yang baik berdasarkan sampel data kecil. Data yang berukuran kecil akan dilakukan resampling sehingga dapat mewakili populasinya untuk memperoleh eror standar yang minimal.
Metode ini diterapkan pada data status pasien hiperkolesterolemia di Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta dan setelah dilakukan bootstrap, eror standar yang dihasilkan nilainya lebih kecil dibanding sebelum dilakukan resampling bootstrap.
Kata Kunci : regresi logistik, maximum likelihood estimation, bootstrap, eror standar.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
ARTIKEL_FRANSISKA_M0112037_MATEMATIKA_FMIPA_UNS.pdf
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Sulistijowati H
2. Titin Sri Martini
Catatan Umum : Diseminarkan Pada Seminar Nasional di Universitas Negeri Malang.
Fakultas : Fak. MIPA