Penulis Utama : Yeremia Rante Ada'
Penulis Tambahan : 1. Sumardiyono
2. Cr. Siti Utari
3.
NIM / NIP : 197901152010122002
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Stres Kerja dan Usia terhadap Kelelahan Kerja pada Wanita Menyusui Perusahaan Garmen PT. “X” Surakarta
Edisi :
Imprint : Balikpapan - LPPM-UNIBA Press - 2017
Kolasi : 9 hal.: tab.
Sumber : Prosiding Seminar Nasional K3 Balikpapan 2017
Subyek : STRES--KELELAHAN
Jenis Dokumen : Artikel Prosiding
ISSN :
ISBN : 978-602-61562-0-4
Abstrak :

Pendahuluan: Di zaman yang modern sekarang ini, tingkat kebutuhan manusia semakin bertambah. Sejalan dengan hal tersebut, peran perempuan dalam kehidupan terus berubah untuk menjawab tantangan zaman, tak terkecuali dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Pada umumnya, tulang punggung kehidupan keluarga adalah pria atau suami. Akan tetapi saat ini para perempuan banyak yang berperan aktif dalam mendukung ekonomi keluarga dengan bekerja. Pasal 83 Undang – Undang No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa pekerja/buruh perempuan yang anaknya masih menyusui harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anaknya jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja. Dampak dari hal ini adalah timbulnya stress kerja yang berujung pada kelelahan kerja. Selain itu juga faktor usia bahwa semakin menua usia maka tingkat kelelahan juga akan meningkat. Tujua penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan usia terhadap kelelahan kerja pada wanita menyusui perusahaan garmen PT. “X” Surakarta.

Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pekerja wanita menyusui di perusahaan garmen PT. “X” di Surakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive quota random sampling. Kriteria inklusi: usia minimal 20 tahun, masa kerja minimal 1 tahun. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 78 orang.  

Hasil dan Pembahasan: Pada penelitian ini stres kerja diukur dengan kuesioner stres kerja dengan kategori stres dan tidak stres, kelelahan kerja diukur dengan reaction timer yang hasilnya dikategorikan lelah dan tidak lelah, sedangka usia dikategorikan berusia 20-29 tahun dan 30-38 tahun. Hasil uji bivariat hubungan antara stres kerja dengan kelelahan kerja menunjukkan signifikan (X2=4,576; p=0,032; OR=3,565), dan hubungan antara usia dengan kelelahan kerja menunjukkan tidak bermakna (X2=3,706; p=0,056; OR=0,364).

Kesimpulan: Pada wanita menyusui, terdapat hubungan yang signifikan antara stres kerja yang dialami dengan kelelahan kerja selama bekerja.

 

Kata kunci : Stres Kerja, Usia, Kelelahan Kerja.

File Dokumen : Tidak ada file.
File Jurnal : pengaruh stress kerja.pdf
Yeremia.pdf
Link Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : Prosiding Seminar Nasional K3 Harmonisasi Sertifikasi Personil, Peralatan dan SMK3 di Berbagai Sektor Industri dalam Menghadapi MEA dan Persaingan Global
Fakultas : Fak. Kedokteran