Penulis Utama : Leo Agung
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : 195605151982031005
Tahun : 2007
Judul : Sejarah Asia Timur 1
Edisi : Sejarah Asia Timur 1 Cet. 1, Tahun 2007
Imprint : Surakarta - Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press) - 2007
Kolasi :
Sumber : Sejarah Asia Timur 1 Cet. 1, Tahun 2007
Subyek : SEJARAH
Jenis Dokumen : E-book
ISSN :
ISBN : 979-498-310-1
Abstrak :


Sejarah Asia Timur 1, mengkaji masalah Cina dan Jepang dari masa kuno sampai dengan Perang Dunia I. Sejarah Cina kuno menjadi kajian yang  menarik, karena di masa kuno sejarah Cina banyak berkaitan dengan sejarah Indonesia, bahkan ada upaya- upaya dari dinasti Cina untuk memperluas pengaruhnya ke selatan termasuk Indonesia.

Cina sejak zaman kuno,  telah merupakan salah satu bangsa yang memiliki peradaban tinggi.  Itulah sebabnya, pada masa kuno, peradaban Cina banyak dicontoh oleh negara-negara tetangganya, seperti Korea dan Jepang. Dari masa kuno, Cina diperintah oleh banyak dinasti, sehingga dalam Sejarah Asia Timur 1 ini secara berturut-turut akan disajikan mulai dari Dinasti Chou sampai dengan Dinasti Manchu, Revolusi Cina 1911, dan Cina Dalam Perang Dunia I.

Jepang yang pada masa kuno banyak belajar dari Cina, akhirnya menjadi siswa yang  baik. Selama politik  isolasi, bangsa Jepang berhasil  membentuk jati diri  sebagai suatu  bangsa  yang memiliki  watak tersendiri.  Bangsa Jepang menjadi bangsa  yang unik, ulet dan rajin berkat kode etik bushido dan  Shintoisme. Selanjutnya, Meiji Restorasi berhasil mengantar bangsa dan negara Jepang  menjadi negara industri modern yang sejajar dengan negara-negara Barat. Sampai dengan  Perang Dunia  I, Jepang telah muncul menjadi negara besar yang patut diperhitungkan dalam kancah percaturan politik dunia internasional.

Nah, dengan  mempelajari Sejarah Asia Timur  1  yang  mengkaji sejarah Cina dan Jepang, penulis  berharap kita sebagai  suatu bangsa bisa belajar  dalam banyak dari  kedua negara tersebut. Banyak  manfaat yang  dapat kita petik, baik secara material  maupun   spiritual.  Semoga dengan belajar dari   Cina dan Jepang, bangsa kita  memiliki  jati  diri  yang  kuat berdasarkan  Pancasila, menjadi bangsa yang  maju sehingga dapat mewujudkan cita-cita bangsa dan negara seperti yang termaktub di dalam Pembukaan UUD 1945.

Akhir  kata, mudah-mudahan buku Sejarah Asia Timur  1  ini bermanfaat bagi  para  pembaca  yang  berminat untuk  memahami Sejarah  Asia Timur,  khususnya Sejarah Cina dan Jepang sampai dengan Perang Dunia.  Adanya kritik dan saran yang membangun dari pembaca yang budiman, sangat penulis harapkan.

File Dokumen : Tidak ada file.
File Jurnal : No.2 Sejarah Asia Timur 1.pdf
Leo2.pdf
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : Sejarah
Fakultas : Fak. KIP