Penulis Utama : Eva Fiddiana
NIM / NIP : K4214015
×

ABSTRAK

Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menelaah Isi Teks Pranatacara Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2018.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses belajar dan kemampuan menelaah isi teks pranatacara dengan model pembelajaran problem based learning dan media video pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan tahapan; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 34 siswa, yaitu terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi,

(1) peristiwa, dengan data berwujud proses pembelajaran

(2) informan, dengan data berwujud catatan hasil wawancara

(3) dokumen, dengan data berwujud RPP, foto dokumentasi, dan nilai tes siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes.

Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis, yang terdiri dari tiga alur yaitu,

(1) reduksi data,                

(2) penyajian data,

(3) penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dan media video dalam kompetensi dasar menelaah isi teks pranatacara dapat meningkatkan kualitas proses serta kualitas hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan kualitas proses belajar pratindakan sebesar 38,23% siswa mencapai nilai dengan kategori “sangat baik dan baik”, dan pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 52,94% dengan kategori “sangat baik dan baik”, serta mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 76,47% siswa yang mencapai nilai dengan kategori “sangat baik dan baik”. Peningkatan pada hasil keterampilan menulis satu paragraf berhuruf Jawa siswa pada saat pratindakan sebesar 20,58%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 41,18%, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 76,47%.
 
Kata Kunci: pranatacara, problem based learning, video.

×
Penulis Utama : Eva Fiddiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214015
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Menelaah Isi Teks Pranatacara Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Studi Pend. Bahasa Jawa-K4214015-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Raheni Suhita, M.Hum.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.