Penulis Utama : Aning Hana Faniya
NIM / NIP : G0015022
×

Abstrak. Latar belakang: Pencapaian keberhasilan pemberian Air Susu Ibu secara eksklusif masih belum  sesuai target yang diharapkan, baik secara lokal, nasional, maupun global. Pemberian ASI mempengaruhi baik atau buruknya kualitas kesehatan pada bayi, yang nantinya akan berpengaruh pada status gizi bayi. Lama pemberian ASI oleh ibu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor demografi dan sosial ekonomi. Tempat tinggal, status bekerja, dan tingkat pendidikan merupakan faktor demografi dan sosial ekonomi yang menjadi perhatian peneliti.

Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang akan menganalisis hubungan faktor demografis dan sosial ekonomi dengan lama pemberian ASI di Indonesia. Data yang dianalisis berupa data sekunder yang bersumber dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) ke 5 pada tahun 2014-2015. Besar subjek adalah 432 yang dipilih melalui purposive sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang telah ditetapkan. Sejumlah 432 subjek dianalisis untuk mengetahui hubungan tempat tinggal dan status bekerja dengan lama pemberian ASI di Indonesia, sedangkan untuk tingkat pendidikan dengan lama pemberian ASI di Indonesia digunakan 122 subjek. Data dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney (? < 0>

Hasil penelitian: Berdasarkan uji Mann-Whitney didapatkan hasil; terdapat perbedaan yang signifikan antara subjek yang tinggal di desa dan di kota dengan lama pemberian ASI di Indonesia (p= 0,001), tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara subjek yang bekerja dan tidak bekerja dengan lama pemberian ASI di Indonesia (p= 0,303), dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan lama pemberian ASI di Indonesia (p=  0,548).
Kesimpulan: Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tempat tinggal dengan lama pemberian ASI di Indonesia dan tidak terdapat hubungan antara status bekerja dan tingkat pendidikan dengan lama pemberian ASI di Indonesia.

×
Penulis Utama : Aning Hana Faniya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015022
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Faktor Demografis dan Sosial Ekonomi dengan Lama Pemberian Asi di Indonesia (Analisis Data Indonesia Family Life Survey Ke-5)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kusmadewi Eka Damayanti, dr., M.Gizi
2. Sigit Setyawan, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.