Penulis Utama : Galendra Sogusta Halim
NIM / NIP : K5414022
×

ABSTRAK

Kajian Perkembangan Industri Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan Dan Penyerapan Tenaga Kerja Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten Tahun 2009 – 2017 (Sebagai Pendukung Substansi Pembelajaran Geografi Kelas XII SMA pada Materi Pokok Analisis Tata Guna Lahan dengan Sistem Informasi Geografis). Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Oktober 2018.

Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh perkembangan industri terhadap perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Ceper Tahun 2009-2017. (2) Mengetahui pengaruh perkembangan industri terhadap penyerapan tenaga kerja di Kecamatan Ceper Tahun 2017.

Penelitian ini termasuk merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan keruangan. Populasi dalam penelitian ini ada tiga, yaitu (1) industri besar, dan (2) penggunaan lahan di Kecamatan Ceper. Sedangkan sampel penelitiannya juga ada tiga, yaitu (1) sampel penggunaan lahan, dan (2) sampel industri besar di Kecamatan Ceper. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik interpretasi citra, observasi, dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah overlay dan analisis tabel.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perkembangan industri mempengaruhi perubahan penggunaan lahan yang luasnya secara keseluruhan mencapai 40,89 Ha, industri besar sangat berpengaruh terhadap perubahan penggunaan lahan yang terjadi. Faktor yang mempengaruhi perkembangan industri di Kecamatan Ceper adalah lokasinya yang merupakan hinterland dan sarana prasarana transportasi yang berupa adanya jalan arteri dan jalan kolektor, sehingga berdampak pada perubahan penggunaan lahan. (2) Perkembangan industri berpengaruh pada penduduk Kecamatan Ceper terhadap penyerapan tenga kerja industri. Perkembangan industri Kecamatan Ceper menyerap tenaga kerja lokal dan non lokal. Lokasi industri mempengaruhi penyerapan tenaga kerja lokal yang ada di Kecamatan Ceper. Tingkat kesempatan kerja penduduk yang berada di desa lokasi industri memiliki peluang yang besar untuk dapat bekerja pada sektor industri.

Kata Kunci :    Perkembangan Industri, Penggunaan Lahan, Penyerapan Tenaga  Kerja

×
Penulis Utama : Galendra Sogusta Halim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414022
Tahun : 2018
Judul : Kajian Perkembangan Industri Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan Dan Penyerapan Tenaga Kerja Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten Tahun 2009 – 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Studi Pend. Bahasa Geografi- K5414022-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahning Utomowati, S.Si, M.Sc
2. Seno Budhi Ajar, S.Pd, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.