Penulis Utama : Moh Sayful Zuhri
NIM / NIP : K4214030
×

ABSTRAK

PENGGUNAAN BAHASA JAWA PADA MASYARAKAT TRANSMIGRAN RIAU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarrta, Oktober 2018.        

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) bentuk percampuran unsur bahasa Riau di dalam penggunaan bahasa Jawa masyarakat transmigran Riau; (2) perubahan pelafalan kata terhadap penggunaan bahasa Jawa masyarakat transmigran Riau; dan (3) relevansi pembelajaran bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas dalam penggunaan bahasa Jawa masyarakat transmigran Riau.

Penelitian ini menggunakan metode peneletian deskriptif kualitatif. Data berupa peristiwa tindak tutur menggunakan bahasa Jawa atau bahasa percampuran lain, serta adanya komunikasi antara O1 dan O2, atau adanya pihak ketiga sebagai O3, wawancara informan, dan data berupa dokumen. Data tersebut diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara, dan rekam. Validitas data diperleh menggunakan teknik  triangulasi teori, metode, dan sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analsis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yakni berupa reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Ditemukannya unsur bahasa Riau di dalam penggunaan bahasa Jawa masyarakat transmigran Riau. Wujud percampuran tersebut berupa frasa, klausa, idiom, baster dan reduplikasi. Serta adanya peralihan kode bahasa peralihan kode dari bahasa Jawa ke bahasa Melayu Riau, bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, dan bahasa Melayu Riau ke bahasa Jawa. 2) Adanya perubahan pelafalan kata terhadap penggunaan bahasa Jawa masyarakat transmigran Riau yang menunjukkan bahwa penggunaannya sudah bercampur dengan bahasa Melayu Riau. Percampuran bahasa tersebut sering terjadi karena lingkungan yang multi lingual, bahasa membaur, berintegrasi antar berbagai bahasa daerah. 3) Relevansi penggunaan bahasa Jawa masyarakat transmigran Riau dalam materi unggah-ungguh basa dapat relevansikan sebagai upaya pemeberian pengetahuan terhadap penggunaan bahasa Jawa di sekolah.

Kata kunci : penggunaan bahasa Jawa, masyarakat transmigran, unggah-ungguh  basa

×
Penulis Utama : Moh Sayful Zuhri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214030
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Bahasa Jawa pada Masyarakat Transmigran Riau dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Atas.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Studi Pend. Bahasa Geografi- K4214030-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.,
2. Favorita Kurwidaria, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.