Penulis Utama : Ryno Yulian Christ Perdana
NIM / NIP : K5414045
×

ABSTRAK

ANALISIS MODAL SOSIAL MASYARAKAT DAN TINGKAT DAYA TARIK WISATA MATA AIR UMBUL LANGSE DAN UMBUL TIRTOMULYO SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2017. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Keguruan. Universitas Sebelas  Maret. Surakarta. Oktober 2018.

Tujuan  Penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui peranan modal sosial masyarakat dalam pengelolaan obyek wisata Umbul Langse dan Umbul Tirtomulyo di Kabupaten Boyolali. (2) Untuk mengetahui tingkat daya tarik obyek wisata Umbul Langse dan Umbul Tirtomulyo di Kabupaten Boyolali.

Sesuai dengan tujuan maka peneliti ini meggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan spasial.. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini adalah  : (1) Peran modal sosial masyarakat dalam pengelolaan wisata yaitu : (a) Umbul Langse (Desa Nepen) memiliki rerata skor sebesar 50,4 yang termasuk kelas sedang yang diwujudkan dalam masyarakat berperan menjadi pencetus atau pembuat aturan-aturan yang terdapat di Umbul Langse. Masyarakat berperan menjaga kebersihan lingkungan Umbul Langse sebagai upaya untuk menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke tempat wisata yang bersih. Masyarakat secara swadaya dan gotong royong membangun tembok-tembok di pinggir kolam serta membangun beberapa unit kamar mandi.  (b) Umbul Tirtomulyo (Desa Kemasan) rerata skor sebesar 50,2 yang termasuk kelas sedang yang diwijudkan dalam Masyarakat berperan menjadi pencetus atau pembuat aturan-aturan yang terdapat di Umbul Tirtomulyo. Masyarakat berperan menjaga kebersihan lingkungan Umbul Tirtomulyo sebagai upaya untuk menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke tempat wisata yang bersih. Masyarakat secara swadaya dan gotong royong merenovasi tembok-tembok di pinggir kolam yang memiliki arsitektur keraton sehingga arsitektur tersebut tetap terjaga dan menjadi salah satu daya tarik yang ada di Umbul Tirtomulyo. Selain itu masyarakat berperan dalam gotong royong membangun beberapa unit kamar mandi dan kamar ganti. (2) Tingkat daya tarik wisata yang dimiliki oleh Umbul Langse ialah sedang hal ini dikarenakan keadaan modal sosial masyarakat dalam mengelola umbul juga sedang sehingga kurang maksimal dalam pengelolaan dan pengembangan sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Boyolali. Selanjutnya untuk tingkat daya tarik wisata yang dimiliki oleh Umbul Tirtomulyo ialah sedang hal ini dikarenakan keadaan modal sosial masyarakat dalam mengelola umbul juga sedang sehingga kurang maksimal dalam pengelolaan dan pengembangan sebagai daerah tujuan wisata di Kabupaten Boyolali.

Kata Kunci : Modal Sosial, Daya Tarik, Umbul  Langse, Umbul Tirtomulyo.

×
Penulis Utama : Ryno Yulian Christ Perdana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414045
Tahun : 2018
Judul : Analisis Modal Sosial Masyarakat dan Tingkat Daya Tarik Wisata Mata Air Umbul Langse dan Umbul Tirtomulyo sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Boyolali Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Studi Pend. Bahasa Geografi- K5414045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Inna Prihartini, M.S.
2. Drs. Djoko Subandriyo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.