Penulis Utama : Siti Shafiyah
NIM / NIP : K5413066
×

ABSTRAK

PENGARUH PARIWISATA EDUPARK GEMOLONG TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI DI KELURAHAN GEMOLONG KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2018. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pariwisata Edupark Gemolong terhadap kondisi sosial masyarakat di Kelurahan Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen; (2) Mengetahui pengaruh pariwisata Edupark Gemolong terhadap ekonomi masyarakat di Kelurahan Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Desa Gemolong yang berjumlah 9036 jiwa. Sampel yang terpilih adalah 55 masyarakat dari seluruh masyarakat Desa Gemolong dengan teknik pengambilan  sampel secara cluster purposive sampling. Selain itu, sampel juga diambil dari 10 pedagang, 10 wisatawan, dan pengelola. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan spasial. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik  observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriprif kuantitatif untuk mencocokkan dengan teori yang digunakan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, pada mulanya masyarakat merasa terganggu dengan kehadiran wisatawan dan berada pada tingkat penerimaan wisata irritation. Setelah adalanya regulasi yang baik, masyarakat menerima wisata dengan antusias yaitu berada pada tingkat euphoria. Kedua, secara ekonomi masyarakat diuntungkan dengan adanya pariwisata namun juga merasakan dampak negatif dari adanya pariwisata.

Kata Kunci : Pariwisata, Sosial, Ekonomi

×
Penulis Utama : Siti Shafiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413066
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pariwisata Edupark Gemolong Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Di Kelurahan Gemolong Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Studi Pend. Bahasa Geografi- K5413066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. prof. Dr. Djoko Nurkamto, M. Pd
2. Dr. Yasin Yusup ,M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.