Penulis Utama : Norevia Euleryn
NIM / NIP : S571502007
×

 

Latar Belakang : Remaja dengan thalassemia yang mengalami depresi adalah masalah yang sering timbul akibat beberapa faktor, sehingga penanganan komprehensif dengan memberikan pengetahuan tentang faktor penyakit yang dikaitkan dengan faktor biologi, faktor psikologis, dan faktor sosial diharapkan dapat membantu menghadapi berbagai masalah. Pemberian pendekatan psikoedukasi  integratif  model  pada  penderita  thalassemia  memainkan  peran terkait dengan gejala depresi. Maka psikoedukasi menjadikan pasien lebih berpengetahuan   sehingga   menurunkan   gejala   depresi   dan   meningkatkan kepatuhan pengobatan..

Tujuan : Menghasilkan modul sebagai penuntun aplikasi psikoedukasi integratif model, mampu melakukan psikoedukasi integratif model, dan menilai efektivitas dari proses psikoedukasi integratif model.

Metode : Studi ini merupakan operational research berbentuk studi kasus yang dilakukan pada dua remaja thalassemia menggunakan modul psikoedukasi integratif model. Studi ini telah mendapatkan persetujuan dari komite etik rumah sakit.

Hasil : Psikoedukasi integratif model dapat menurunkan depresi dan peningkatan kepatuhan pengobatan pada kedua pasien remaja thalassemia dengan persentase masing-masing lebih dari 30 %, disertai dengan perbaikan klinis dari subjek.

Simpulan : Modul psikoedukasi integratif model dapat diaplikasikan sebagai penuntun untuk menurunkan depresi dan peningkatan kepatuhan pengobatan pada pasien remaja dengan thalassemia.


Kata Kunci : Psikoedukasi integratif model, thalassemia, depresi, kepatuhan pengobatan.

×
Penulis Utama : Norevia Euleryn
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571502007
Tahun : 2018
Judul : Psikoedukasi Integratif Model untuk Menurunkan Depresi dan Peningkatan Kepatuhan Pengobatan Remaja dengan Thalassemia di Rsud Dr. Moewardi Surakarta (Sebuah Studi Operational Research)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Program Studi Ilmu Kedokteran Jiwa-S571502007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Gst. Ayu Maharatih, dr., SpKJ (K), M.Kes
2. Debree Septiawan, dr., SpKJ, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.