Penulis Utama : Nurriska Setyaningtyas
NIM / NIP : K8114049
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola matematika pada anak kelompok B TK Aisyiyah X Jaten melalui model pembelajaran course revie horay. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu meniru pola, menemukan pola selanjutnya, melanjutkan pola, dan membuat pola sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kuantitaif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus.
Subyek dalam penelitin ini adalah anak didik kelompok B TK Aisyiyah X Jaten tahun ajaran 2017/2018. Jumlah anak di kelas B TK Aisyiyah X jaten adalah18 anak, 9 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.  
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan mengenal pola matematika melalui model pembelarajan CRH, yaitu persentase ketuntasan pada pratindakan sebesar 27,78%, peningkatan kemampuan mengenal pola siklus I sebesar 44,44%, dan peningkatan kemampuan mengenal pola matematika siklus II mencapai 83,33%. Indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan mengenal pola pada anak antara lain meniru pola, menemukan pola selanjutnya, melanjutkan pola, dan membuat pola sendiri. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah melallu model pembelajaran course review horay dapa meningkatkan kemampuan mengenal pola matematika pada anak kelompok B TK Aisyiyah X Jaten tahun ajaran 2017/2018.

×
Penulis Utama : Nurriska Setyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114049
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Matematika Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah X Jaten Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8114049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yulianti, M.Pd.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.