Penulis Utama : Chrissy Andrea Putri
NIM / NIP : K2214016
×

Abstrak. Optimizing the Use of Video-Based Project Learning to Improve the Student’s Speaking Fluency.A Thesis, Surakarta: Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University, November 2018.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK pada Tahun Ajaran 2017-2018. Subyek penelitian ini terdiri dari tiga puluh satu siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kelancaran berbicara siswa melalui pengoptimalan penggunaan video berbasis metode Project Based Learning (PBL). Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Penelitian ini dilakukan dalam empat langkah utama: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, catatan lapangan, angket siswa, dan tes. Hasil dari rata-rata post test siswa 1 adalah 52 untuk jeda, 57,4 untuk ragu-ragu, 62,6 untuk tingkat kecepatan, dan 58,8 untuk jangka panjang. Nilai rata-rata siswa meningkat setelah siklus kedua. Hasil post-test 2 siswa sebagai berikut; 54,2 untuk jeda, 58 untuk ragu-ragu, 64,6 untuk laju kecepatan, dan 63,2 untuk jangka panjang. Peningkatan skor antara post-test 1 dan post-test 2 sebagai berikut; 2,2 poin dalam jeda, 0,6 poin dalam keraguan, 2 poin dalam laju atau kecepatan, dan 4,4 poin dalam panjang aspek run. Ini berarti bahwa indikator keberhasilan telah tercapai. Bahkan peningkatannya tidak signifikan tetapi nilai siswa menunjukkan perbaikan yang baik setelah pelaksanaan Video-Based Project Learning. Teknik Pembelajaran Proyek Berbasis Video dapat meningkatkan keterampilan kelancaran berbicara siswa. Dapat disimpulkan dari hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa siswa setuju untuk menggunakan teknik PBL di kelas berbicara mereka. Mereka juga menunjukkan rasa hormat yang baik saat bergabung dengan proses belajar mengajar.

×
Penulis Utama : Chrissy Andrea Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2214016
Tahun : 2018
Judul : Optimizing The Use of Video- Based Project Learning to Improve The Student’s Speaking Fluency (An Action Research at The Tenth Grade of Smk Kristen 1 Surakarta in The Academic Year Of 2017-2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K2214016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dewi Rochsantiningsih,M.Ed.,Ph.D
2. Dewi Cahyaningrum, S.Pd. M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.