Penulis Utama : Dina Kartikawati
NIM / NIP : H0814033
×

ABSTRAK
Pembangunan pada dasarnya bertujuan untuk mencapai kehidupan yang adil dan makmur bagi seluruh rakyat Indonesia. Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan mendapat prioritas utama dalam pembangunan ekonomi nasional karena sektor ini memiliki kontribusi dalam berbagai aspek. Kabupaten Malinau adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Utara, dimana sektor ekonomi penyumbang terbesar terhadap perekonomian Kabupaten Malinau adalah sektor Pertambangan dan Penggalian, dimana hingga tahun 2016 memiliki kontribusi sebesar 52,67%. Berdasarkan hal tersebut, Kabupaten Malinau dalam perekonomiannya perlu untuk mengembangkan sektor perekonomian yang berbasis sumber daya yang dapat diperbaharui atau bersifat jangka panjang, yaitu melalui sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan sektor dan subsektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, menganalisis perubahan sektor dan subsektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, dan menganalisis komponen pertumbuhan pada sektor dan subsektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan di Kabupaten Malinau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis, dengan menggunakan metode analisis data yaitu Location Quotient (LQ), Delta LQ dan Shift Share. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Malinau dan Provinsi Kalimantan Utara tahun 2012 – 2016 ADHK 2010, dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malinau dan Provinsi Kalimantan Utara, dan BAPPEDA Kabupaten Malinau, maupun sumber-sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan analisis Location Quotient (LQ), sepanjang tahun 2012 – 2016 sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan di Kabupaten Malinau merupakan sektor non basis, sementara subsektor basis Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan di Kabupaten Malinau adalah subsektor Kehutanan dan Penebangan Kayu. Berdasarkan analisis Delta LQ, sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan relatif kurang terkonsentrasi di Kabupaten Malinau dan dari waktu ke waktu atau di masa mendatang belum mampu berkembang jika dibandingkan dengan sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan ditingkat Provinsi Kalimantan Utara. Sementara subsektor Pertanian, Peternakan, Perburuan, dan Jasa Pertanian dan subsektor Perikanan relatif kurang terkonsentrasi di Kabupaten Malinau dibandingkan subsektor yang sama ditingkat Provinsi Kalimantan Utara, namun memiliki potensi untuk berkembang di masa yang akan datang dan menjadi terkonsentrasi dari waktu ke waktu dan subsektor Kehutanan dan Penebangan xiii
Kayu memiliki potensi untuk berkembang di masa yang akan datang dan menjadi terkonsentrasi dari waktu ke waktu. Berdasarkan analisis Shift Share sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan di Kabupaten Malinau memiliki laju pertumbuhan yang lebih lambat dan sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan di Kabupaten Malinau tidak memiliki daya saing dibandingkan dengan sektor yang sama ditingkat Provinsi Kalimantan Utara, Sedangkan subsektor Pertanian, Peternakan, Perburuan, dan Jasa Pertanian Kabupaten Malinau memiliki laju pertumbuhan yang lebih lambat dan tidak memiliki daya saing dibandingkan dengan susbektor yang sama ditingkat Provinsi Kalimantan Utara. Subsektor Kehutanan dan Penebangan Kayu memiliki laju pertumbuhan yang lebih lambat dan tidak memiliki daya saing dibandingkan dengan susbektor yang sama ditingkat Provinsi Kalimantan Utara. Subsektor Perikanan memiliki laju pertumbuhan yang lebih cepat dan namun tidak memiliki daya saing dibandingkan dengan susbektor yang sama ditingkat Provinsi Kalimantan Utara. Kedepannya Kabupaten Malinau dan Provinsi Kalimantan Utara terus menggenjot pembangunan infrastruktur. Keberadaan infrastruktur yang merata dan memadai diharapkan dapat menciptakan konektivitas baik antar kabupaten maupun antar provinsi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi salah satunya di sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan.
Kata Kunci : Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan

×
Penulis Utama : Dina Kartikawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814033
Tahun : 2018
Judul : Peranan Sektor Pertanian, Kehutanan Dan Perikanan Dalam Pembangunan Wilayah Di Kabupaten Malinau (Pendekatan Locaton Quotient Dan Shift Share)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H 0814033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.