Penulis Utama : Kaisna Adi Nawasa
NIM / NIP : D0214051
×


ABSTRAK


PENGGUNAAN FACEBOOK DAN PERILAKU PROSOSIAL (Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Perilaku Prososial Pada Komunitas Info Cegatan Solo (ICS) di Surakarta). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2018.

Kemajuan zaman yang telah memasuki era globalisasi, membuat manusia semakin aktif dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan teknologi internet. Keberadaan media sosial pada dasarnya merupakan bentuk yang tidak jauh berbeda dengan keberadaan dan cara kerja komputer. Facebook merupakan salah satu contoh jejaring sosial yang paling banyak diminati oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Perilaku prosisial dalam penelitian ini difokuskan pada komunitas pengguna facebook ICS (Info Cegatan Solo dan Sekitarnya).
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi pengguna facebook terhadap perilaku prososial pada komunitas ICS di Surakarta. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pengguna facebook terhadap perilaku prososial pada komunitas ICS di Surakarta.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna akun facebook Info Cegatan Solo dan Sekitarnya (ICS) dengan jumlah 502.780 orang dari berbagai daerah seperti Solo, Sukoharjo, Sragen, Karanganyar, Klaten, dan Boyolali. Sampel penelitian ini menjadi 400 pengguna facebook. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu : 1) Komunikasi kelompok pengguna facebook berpengaruh signifikan terhadap perilaku prososial pada komunitas ICS. Pengaruh tersebut ditunjukkan hasill perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel atau 15,247  > 1,652 dengan hasil p = 0,000 < 0,05.  Artinya, semakin tinggi komunitas ICS dalam melakukan komunikasi kelompok dengan menggunakan facebook, maka mampu meningkatkan perilaku prososial. 2) Besar kontribusi kekuatan pengguna facebook berpengaruh terhadap perilaku prososial pada komunitas ICS sebesar 36,9%. dan sisanya 63,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi.

Kata Kunci:  Penggunaan Facebook, Perilaku Prososial 

×
Penulis Utama : Kaisna Adi Nawasa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214051
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Facebook dan Perilaku Prososial (Pengaruh Penggunaan Facebook Terhadap Perilaku Prososial Pada Komunitas Info Cegatan Solo (ICS) di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Program Studi Ilmu Komunikasi-D0214051 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Widyantoro.M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.