Penulis Utama : Ratna Herawati Prabowo
NIM / NIP : S521408006
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Diabetes Melitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemi. Menurut WHO, angka kejadian DM mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan pengelolaan DM maupun terjadinya perubahan gaya hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor sosial ekonomi, pengetahuan pasien dan dukungan keluarga dengan kadar gula darah pada pasien DM tipe 2 di puskesmas kecamatan Jebres Surakarta.
Subyek dan Metode : Penelitian dilakukan di Puskesmas Sibela dan Ngoresan Surakarta, dengan subyek penelitian pasien DM sebanyak 100 orang. Desain penelitian  pendekatan cross sectional  dengan  tehnik purposive sampling . Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan alat spektrofotometer. Untuk menganalisis hubungan antara variabel sosial ekonomi, pengetahuan pasien dan dukungan keluarga dengan kadar gula darah menggunakan  uji chi square dan regresi logistik.
Hasil :Pada hasil penelitian didapatkan sebanyak 88 orang memiliki pendidikan rendah, 12 orang memiliki pendidikan yang tinggi.Pendapatan rendah sebanyak 52 orang, pendapatan tinggi 48 orang. Aktivitas ringan dalam pekerjaan sebanyak 52 orang, aktivitas berat sebanyak 48 orang.Pengetahuan yang kurang dimiliki oleh  34 orang, pengetahuan yang baik sebanyak 66 orang.Dukungan keluarga yang kurang  42 orang,dukungan  yang baik 58 orang . Kadar gula darah buruk 24 orang , kadar gula darah baik 76 orang.Hasil uji statistik dengan chi square didapatkan hasil ada hubungan antara pengetahuan pasien( p= 0,001) dan dukungan keluarga ( p= 0,017) dengan kadar gula darah, sedangkan hasil uji statistik faktor sosial ekonomi didapatkan hasil tidak ada hubungan antara  faktor sosial ekonomi ( pendidikan, p = 0,176; pendapatan, p = 0,238; aktivitas pekerjaan, p =0,488) dengan kadar gula darah. Hasil analisa dengan regresi logistik didapatkan hasil ada hubungan antara pengetahuan ( OR = 0,867; p = 0,001) dan dukungan keluarga (OR = 0,997; p = 0,042) dengan kadar gula darah pada pasien DM tipe 2.
Kesimpulan: Ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan pasien dan dukungan keluarga  dengan kadar gula darah pada pasien DM tipe 2 sedangkan tidak ada hubungan yang bermakna  antara faktor sosial ekonomi  dengan kadar gula darah pada pasien DM tipe 2.
Kata kunci : Faktor sosial ekonomi, pengetahuan, dukungan keluarga, kadar gula darah, pasien DM tipe2.

×
Penulis Utama : Ratna Herawati Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521408006
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Sosial Ekonomi, Pengetahuan dan Dukungan Keluarga dengan Kadar Gula Darah pada DMTipe 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Kedokteran Keluarga-S521408006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd.,
2. Dr.Sugiarto,dr.Sp.PD-KEMD-FINASIM,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.