Penulis Utama : Rima Wahyu Saputri
NIM / NIP : H0814116
×

ABSTRAK

Posisi sektor pertanian sebagai basis perekonomian di Indonesia mulai tergeser oleh sektor non pertanian seiring berjalannya waktu. Pergeseran struktur perekonomian ternyata tidak hanya terjadi pada tingkat nasional, tetapi juga terjadi pada tingkat regional. Peranan sektor pertanian sebagai kontributor utama Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Kabupaten Karanganyar juga telah tergantikan oleh sektor non pertanian.  Sektor pertanian memang menunjukkan penurunan perananannya sebagai penyumbang terbesar dalam PDRB Kabupaten Karanganyar, namun tingkat penyerapan tenaga kerja untuk berpartisipasi dalam sektor pertanian masih cukup besar, terutama di Kecamatan Jumantono. Perubahan struktur perekonomian yang terjadi di Kabupaten Karanganyar tidak mempengaruhi tenaga kerja di Kecamatan Jumantono yang cenderung untuk bertahan sebagai pekerja di sektor pertanian seiring dengan berkembangnya sektor industri di Kecamatan Jumantono. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktorfaktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja untuk bekerja di sektor pertanian dan mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan tenaga kerja untuk bekerja di sektor pertanian di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar.

Metode dasar penelitian ini adalah metode desktipsi analitis. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu di Kecamatan Jumantono khususnya di Desa Sedayu, Desa Tunggulrejo, Desa Genengan, dan Desa Sringin. Pemilihan lokasi berdasarkan jumlah total petani dan buruh tani terbanyak. Ukuran sampel dalam penelitian ini adalah 60 sampel dengan 30 sampel untuk sektor pertanian dan 30 sampel untuk sektor non pertanian. Pengambilan sampel berdasarkan metode proporsional rondom sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode regresi logistik biner (Binary Logistic Regression).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja untuk bekerja di sektor pertanian adalah pengalaman bertani dan waktu luang. Berdasarkan uji statistik regresi logistik biner dilihat dari nilai signifikansinya faktor yang paling berpengaruh dalam pengambilan keputusan tenaga kerja untuk bekerja di sektor pertanian adalah waktu luang. Adapun saran yang dapat diberikan kepada petani yaitu petani diharapkan mampu mengoptimalkan waktu luang dengan memanfaatkan pengalaman bertani yang dimiliki untuk mengembangkan kegiatan di bidang pertanian Pemerintah diharapkan melakukan modernisasi teknologi pertanian dan berbagai penyuluhan kepada petani untuk memajukan sektor pertanian.

Kata kunci : Pertanian,Analisis di sektor pertanian

×
Penulis Utama : Rima Wahyu Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814116
Tahun : 2018
Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Tenaga Kerja Untuk Bekerja pada Sektor Pertanian di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H0814116-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.
2. R.R. Aulia Qonita, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.