Penulis Utama : Rosyida Nufzatussaniya
NIM / NIP : K3114044
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar di rumah pada siswa SMP Negeri 1 Sidoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian untuk masing-masing kelompok berjumlah delapan orang yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disiplin belajar di rumah. Analisis data menggunakan Uji Mann-Whitney dengan aplikasi SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis Uji Mann-Whitney diketahui ada perbedaan skor posttest antara kedua kelompok karena nilai asymp. sig (2-tailed) sebesar 0,001<0,05. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari skor hasil posttest disiplin belajar di rumah antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya treatment untuk kelompok eksperimen berupa teknik kontrak perilaku.

Simpulan yang dapat diambil dari hasil analisis yaitu teknik kontrak perilaku efektif untuk meningkatkan disiplin belajar di rumah pada siswa SMP Negeri 1 Sidoharjo.
 
Kata Kunci: kontrak perilaku, disiplin, belajar

×
Penulis Utama : Rosyida Nufzatussaniya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114044
Tahun : 2018
Judul : Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Disiplin Belajar di Rumah pada Siswa Smp Negeri 1 Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3114044-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Mudaris Muslim,M.Psi
2. Ribut Purwaningrum,M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.