Penulis Utama : Zakiyatul Fitri
NIM / NIP : K3114057
×

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah menguji keefektifan teknik menulis ekspresif untuk meningkatkan  kemampuan pengendalian emosi siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksprimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan selama empat kali pertemuan. Adapun tahap-tahap dalam teknik menulis ekspresif antara lain; tahap recognition, tahap examination/ writing exercise, tahap juxtaposition/ feedback dan tahap application to self. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 8 siswa untuk kelompok eksperimen dan 8 siswa untuk kelompok kontrol . 

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Analisis data yag digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan non parametrik berupa uji Mann Whitney pada aplikasi SPSS versi 21. Hasil uji Mann Whitney diketahui bahwa nilai signifikansi (Asymp.Sig) = 0,03 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan skor pengendalian emosi yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan treatment  menulis ekspresif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik menulis ekspresif efektif untuk meningkatkan kemampuan pengendalian emosi siswa kelas XI SMK Murni 1 Surakarta Tahun pelajaran 2018/2019. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak guru bimbingan dan konseling dapat menerapkan konseling menulis ekspresif sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan pengendalian emosi siswa.  
Kata Kunci: teknik menulis ekspresif, pengendalian emosi

×
Penulis Utama : Zakiyatul Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114057
Tahun : 2018
Judul : Keefektifan Teknik Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Kemampuan Pengendalian Emosi Siswa Kelas Xi Smk Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3114057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M.Pd
2. Ribut Purwaningrum, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.