Penulis Utama : Muhammad Fadli
NIM / NIP : S931102004
×

ABSTRAK

Latar Belakang. Prosedur Salter innominate osteotomy (SIO) telah banyak digunakan secara luas dengan kesuksesan yang sama pada jangka pendek maupun jangka panjang dalam mengobati developmental dysplasia of the hip (DDH). Tujuan penelitian ini untuk menetahui karakteristik pasien dan faktor prediksi yang berhubungan dengan Salter’s innominate osteotomy pada pasien DDH.

Metode. Penelitian menggunakan studi cross sectional pada 22 pasien (4 laki-laki, 18 perempuan) dengan penderita DDH yang dilakukan SIO pada klinik pediatrik rumah sakit Ortopaedi Prof.dr.R.Soeharso Surakarta paling sedikit 1 tahun, sejak Januari 2015 hingga Desember 2015. Penelitian ini dianalisis untuk menentukan apakah hasil SIO dapat diprediksi dengan usia pada saat pertama kali operasi, derajat severity DDH, sisi panggul yang mengalami DDH dan acetabular index, lalu diperiksa dengan menggunakan model analisis regresi linear terhadap pengukuran hasil fungsional dengan Harris hip score.

Hasil. Usia pada saat mulai operasi dan derajat beratnya DDH berhubungan secara signifikan dengan hasil prediksi SIO. Faktor prediktif lainnya, seperti Acetabular Index dan sisi panggul yang mengalami DDH tidak memiliki hubungan secara signifikan dengan hasil SIO.
 
Kesimpulan. Kesimpulan: Usia pada saat operasi merupakan faktor yang paling terkait untuk hasil prediksi pada SIO.

 

 

Kata Kunci : DDH, SIO, Faktor prediksi keberhasilan, Harris hip score

×
Penulis Utama : Muhammad Fadli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S931102004
Tahun : 2016
Judul : Faktor-Faktor Prediksi Keberhasilan Terapi Salter Innominate Osteotomy pada Developmental Dysplasia of The Hip di Rs Prof. Dr. Dr. R.Soeharso Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Program Studi : PPDS Orthopaedi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Program Pendidikan Dokter Spesialis I Orthopaedi dan Traumatologi-S931102004-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Anung Budi Satriadi, Sp. OT (K)
2. dr. R. Andhi Prijosedjati, Sp. OT (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.