Penulis Utama : Annisa Dhimar Anugraheni
NIM / NIP : K4314008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL) terhadap keterampilan argumentasi tertulis ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri Karangpandan.
 Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan desain non-equivalen control group dengan pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri Karangpandan tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster sampling. Pembelajaran dilaksanakan pada dua kelas dengan menerapkan model discovery learning dan model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 5%. Analisis data dibantu dengan SPSS 21. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan dan analisis data. 

Kesimpulan penelitian adalah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan pendekatan contextual teaching learning (CTL) terhadap keterampilan argumentasi tertulis ditinjau dari kemampuan akademik siswa SMA Negeri Karangpandan.

×
Penulis Utama : Annisa Dhimar Anugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4314008
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Argumentasi Tertulis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa SMA Negeri Karangpandan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4314008-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Oetomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.