Penulis Utama : Michael Dewanto
NIM / NIP : H0814076
×

Susu  kambing  merupakan  susu  dengan  kualitas  yang  sangat  baik  dan memiliki  prospek  yang  baik  karena memiliki  pasar  yang masih  terbuka  dengan pesaing  terbatas. Salah satu peternakan yang berfokus pada kambing perah untuk memproduksi  susu  kambing  adalah Adilla Goat Farm.  Selama  10  tahun  berdiri, susu kambing Adilla Goat Farm dipasarkan oleh unit pemasaran milik Adilla Goat Farm maka dari  itu unit pemasaran Adilla Goat Farm perlu mengetahui efisiensi pemasaran  yang  selama  ini  telah  dilakukan.Penelitian  ini  bertujuan  untuk mengetahui  saluran  pemasaran, marjin pemasaran  dan  efisiensi  pemasaran  susu kambing pada unit pemasaran Adilla Goat Farm. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode analisis deskriptif.Metode  penentuan  lokasi  secara  purposive  di  unit  pemasaran  Adilla Goat Farm. Metode penentuan informan dengan metode snowball dengan satu key informan.  Jenis  dan  sumber  data  yang  digunakan  adalah  data  primer  dan  data sekunder.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  terdiri  dari  wawancara, obserasi  dan  dokumentasi.  Metode  analisis  data  yang  digunakan  yaitu  analisis saluran  pemasaran  secara  deskriptif,  analisis  marjin  pemasaran  menggunakan perihtungan rumus biaya, keuntungan dan marjin pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran  secara  ekonomis  menggunakan  persentase  marjin  pemasaran  dan farmer’s share.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat jenis saluran pemasaran susu kambing  pada unit  pemasaran  di  Adilla  Goat  Farm.  Berdasarkan  empat  jenis saluran  pemasaran  yang  ada,  terdapat  tiga  jenis  saluran  pemasaran  yang  efisien dan  satu  jenis  saluran pemasaran  yang  tidak  efisien.  Saluran  pemasaran  yang efisien adalah saluran pemasaran  I,  II dan  IV sedangkan saluran pemasaran yang tidak efisien adalah saluran pemasaran III. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah  saluran  pemasaran  IV  yaitu  unit pemasaran melakukan  pemasaran  secara langsung  ke  konsumen  akhir  dengan  persentase marjin  pemasaran  18,19%  dan nilai farmer’s share 81,81%. Berdasarkan  hasil  penelitian,  Adilla  Goat  Farm  disarankan  untuk  lebih  memaksimalkan pemasaran pada unit pemasaran dengan cara yaitu: Mengenalkan unit  pemasaran melalui  facebook, website, maupun  online  shop,  unit  pemasaran mengadakan  promo  seperti  potongan  harga  dan mendaftarkan  diri  di  komunitas kuline daerah solo dan sekitarnya.

×
Penulis Utama : Michael Dewanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814076
Tahun : 2018
Judul : Analisis Efisiensi Pemasaran Susu Kambing pada Unit Pemasaran Adilla Goat Farm di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H0814076-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Moh. Harisudin, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.