Penulis Utama : Muhamad Ilham Jauhari
NIM / NIP : R0214064
×

Latar Belakang: Kematian ibu hamil menjadi masalah kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia. Prevalensi anemia ibu hamil di Indonesia lebih dari 70%. Menurut  Dinas  Sosial  Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta (2015), persentase perempuan  yang  bekerja di sektor industri Surakarta lebih besar (24,35%) dari pada laki-laki (21,79%). Di  puskesmas Banyuanyar, 61,11% ibu hamil yang memiliki  kadar  Hemoglobin  dibawah  standar masuk  pada  kategori bekerja. Ibu hamil yang melakukan pemeriksaan antenatal care pada bulan Januari-Desember 2017. Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui gambaran  faktor risiko  anemia  ibu  hamil  (bekerja  dan  tidak  bekerja)  yang  melakukan  ANC  di Puskesmas Pajang, Kratonan Surakarta dan Banyuanyar.
Metode: Jenis Penelitian yang digunakan  adalah  survei  deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 452 ibu hamil yang bekerja maupun tidak bekerja yang melakukan pemeriksaan antenatal di Puskesmas Pajang, Kratonan dan Banyuanyar  pada  bulan  Januari-Desember 2017. Faktor-faktor  risiko dalam penelitian  ini  adalah  umur  ibu  hamil,  paritas,  status gizi, penyakit infeksi, usia kehamilan, pendidikan,status pendidikan, status  pekerjaan, abortus, KB, status perkawinan, sosial ekonomi, asuransi kesehatan, kunjungan ANC, pemberian Fe.Pengambilan data faktor risiko anemia ibu hamil menggunakan teknik dokumentasidan menggunakan cheklis.
Hasil: 60,19% ibu hamil yang mengalami anemia ringan dan 54,41% ibu hamil yang mengalami anemia sedang merupakan pekerja.
Simpulan: Sebagian besar ibu hamil yang mempunyai kadar hemoglobin dibawah standar merupakan ibu hamil yang bekerja.  
Saran: Sebaiknya puskesmas melakukan pencatatan data secara keseluruhan lebih lengkap.

×
Penulis Utama : Muhamad Ilham Jauhari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214064
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Faktor Risiko Kadar Hemoglobin (Hb) Ibu Hamil (Bekerja dan Tidak Bekerja) yang Melakukan Anc di Puskesmas (Studi Kasus di Puskesmas Pajang, Kratonan dan Banyuanyar Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214064-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khotijah, S.K.M., M.Kes
2. Iwan Suryadi, S.K.M.,M.kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.