Penulis Utama : Noviani Wahyu Nur Solihah
NIM / NIP : K8114045
×

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  ada  atau  tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif  time  token melalui media  foto terhadap kemampuan  berbicara  anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi exsperimental design dengan tipe non equivalent contol group design.  Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah TK B1 TK Angkasa Lanud Adi Soemarmo Colomadu sebanyak 20 anak dalam kelompok eksperimen dan TK B TK Dharma Wanita Bolon Colomadu sebanyak 20 anak dalam kelompok kontrol.
Pengumpulan data dilaksanakan dengan  tes unjuk kerja dan teknik analisa dokumen. Uji  Normalitas shapiro wilk berbantuan  SPSS  16  for  windows sedangkan Uji homogenitasnya dengan Levine test. Hasil uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai  rata-rata  pretest  pada  kelompok  eksperimen  5,35 dan rata-rata  nilai posttest kelompok eksperimen  sebesar  9,6, pada  analisis  data menunjukan signifikasi 0,000 dengan dasar pengambilan  keputusan  jika nilai signifikasi ???? 0,05.
Hasil  analisis  data menunjukkan  terdapat  pengaruh model pembelajaran kooperatif time token terhadap kemampuan berbicara anak usia5–6 tahun melaluimedia foto.Pada penelitian yang  telah dilaksanakan, masing-masing anak mampumenjawab  pertanyaan yang  lebih  kompleks, memiliki banyak kata untuk mengekspresikan ide kepada orang lain, dan melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan.

×
Penulis Utama : Noviani Wahyu Nur Solihah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114045
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Time Token terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5 – 6 Tahun melalui Media Foto
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG-PAUD-K8114045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.