Penulis Utama : Felicia Christanty
NIM / NIP : G0015086
×

Lupus Eritematosus Sistemik (LES) adalah penyakit inflamasi autoimun kronis yang idiopatik, dengan gambaran dan perjalanan klinis yang luas dan bervariasi. Pemeriksaan penunjang untuk penilaian aktivitas penyakit LES juga tidak terjangkau semua lapisan masyarakat, biasanya hanya tersedia di layanan-layanan kesehatan besar. Padahal diperlukan pengenalan dini serta penatalaksanaan yang tepat karena penyakit ini membutuhkan pengobatan yang lama dan seumur hidup. Aktivasi platelet adalah salah satu jalur dalam patofisiologi penyakit yang berhubungan dengan trombosis dan inflamasi. Aktivasi platelet dapat dicerminkan melalui Mean Platelet Volume (MPV). Biomarker lain yang terbukti berkaitan langsung dengan aktivitas penyakit LES adalah Laju Endap Darah (LED). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan parameter hematologi MPV dengan aktivitas penyakit dan LED pada pasien Lupus Eritematosus Sistemik (LES) di mana Mean Platelet Volume (MPV) yang merupakan penanda inflamasi yang lebih murah, mudah dan umum dilakukan diharapkan dapat menjadi alternatif lain dalam penilaian aktivitas penyakit LES.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Subjek penelitian adalah Orang dengan Lupus (ODAPUS) berdasarkan kriteria revisi ACR 1997, wanita berusia 18 sampai 59 tahun, bersedia turut serta dalam penelitian ini, tidak sedang hamil, tidak sedang menderita penyakit-penyakit yang dapat meningkatkan LED (infeksi, diabetes mellitus, penyakit jantung kronik, dsb), dan tidak sedang menderita penyakit keganasan. Pengambilan data dilakukan pada bulan September sampai Oktober 2018 selama 5 minggu. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara untuk mendapatkan skor aktivitas penyakit dengan menggunakan indeks MEX-SLEDAI. Subjek juga diberikan surat rekomendasi untuk melakukan pemeriksaan darah rutin, Laju Endap Darah (LED) dan urin rutin. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson dan Spearman.
Hasil: Dari 29 sampel ODAPUS RSUD Dr. Moewardi yang diteliti, tidak didapatkan korelasi yang signifikan antara MPV dengan aktivitas penyakit (r = -0,094 , p = 0,626) dan tidak terdapat korelasi yang signifikan antara MPV dengan LED (r = -0,04, p = 0,836). 
Simpulan: Tidak ada hubungan antara parameter hematologi MPV dengan aktivitas penyakit dan LED pada pasien Lupus Eritematosus Sistemik.

×
Penulis Utama : Felicia Christanty
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015086
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Parameter Hematologi MPV dengan Aktivitas Penyakit dan LED pada Pasien Lupus Eritematosus Sistemik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015086-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Arief Nurudhin, dr., Sp. PD- KR FINASIM
2. Jarot Subandono, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.