Penulis Utama : Kirana Pawitra Nareswari
NIM / NIP : G0015130
×

 

Latar Belakang: Lupus Eritematosus Sistemik (LES) merupakan penyakit autoimun dengan berbagai manifestasi klinik pada organ tubuh. Penyakit ini diduga disebabkan oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, etnis, genetik, dan faktor lingkungan seperi paparan ultraviolet, obat-obatan, infeksi, stres dan makanan. Dukungan social dianggap dapat menurunkan tingkat stress yang merupakan pemicu terjadinya kekambuhan LES. Dengan peningkatan tingkat dukungan sosial, aktivitas penyakit lupus diharapkan akan membaik yang kemudian juga akan menurunkan kadar LED.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah penderita LES yang memenuhi kriteria ACR 1997, wanita berusia 18 sampai 59 tahun, tidak memiliki riwayat gangguan kejiwaan, penyakit infeksi, penyakit keganasan, gagal ginjal kronik, dan dalam masa kehamilan. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober 2018 selama 2 minggu. Data yang didapatkan lalu didapatkan melalui wawancara ACR 1997, pengisian kuesioner Social Health Battery dan Indeks MEX SLEDAI. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson.
Hasil: Dari 13 sampel ODAPUS Rumah Sakit dr. Moewardi yang diteliti, tidak didapatkan korelasi antara dukungan sosial dengan kadar LED (r = 0,349, p = 0, 243) dan tidak terdapat korelasi antara dukungan sosial dengan aktivitas penyakit LES (MEX SLEDAI) (r = 0,073, p = 0,813).
Simpulan: Tidak hubungan antara dukungan sosial dengan kadar LED dan aktivitas penyakit Lupus Eritematosus Sistemik.

×
Penulis Utama : Kirana Pawitra Nareswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015130
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kadar LED dan Aktivitas Penyakit pada Penderita Lupus Eritematosus Sistemik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015130-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Nurhasan Agung P., Sp.PD., M.Kes
2. dr. Evi Nurhayatun Sp.PD., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.