Penulis Utama : Rianita Marthasari
NIM / NIP : G0015205
×

Latar belakang: Anatomi merupakan ilmu dasar yang penting dalam pendidikan kedokteran. Perubahan kurikulum kedokteran modern memberi pengaruh pada pengurangan waktu pembelajaran anatomi yang tidak seimbang dengan banyaknya materi anatomi yang harus dipelajari oleh mahasiswa kedokteran. Selain itu, diperlukan adanya materi anatomi yang difokuskan pada topik-topik yang paling relevan dalam praktik klinis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi inti anatomi sistem urogenitalia untuk mahasiswa program studi kedokteran sebagai bagian dari pengembangan kurikulum kedokteran di Indonesia.

Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Delphi dua putaran. Subjek penelitian ini adalah dokter umum di Indonesia yang dipilih secara purposive sampling sesuai dengan kriteria inklusi yang sudah ditetapkan. Kuesioner putaran pertama diisi dengan memberi nilai penting atau tidak penting pada materi anatomi yang ada. Panel dapat menambahkan materi baru pada putaran pertama. Hasil dari kuesioner putaran pertama dimasukkan ke dalam putaran kedua, untuk kemudian diberi nilai dengan rentang 1-4 menurut tingkat kepentingannya oleh panel. Level konsensus yang ditetapkan adalah sebesar 51%.

Hasil penelitian: Delphi putaran pertama menghasilkan materi sebanyak 215 materi anatomi untuk masuk ke putaran berikutnya. Sedangkan pada Delphi putaran kedua menghasilkan 68 materi inti anatomi sistem urogenitalia dengan korelasi klinis pada materi yang dinilai penting oleh panel. 

Simpulan penelitian: Materi inti anatomi sistem urogenitalia yang perlu diketahui oleh mahasiswa program studi kedokteran adalah sebanyak 68 materi dari 264 materi anatomi yang disusun dalam kuesioner. 

×
Penulis Utama : Rianita Marthasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015205
Tahun : 2018
Judul : Konsensus Dokter Umum Mengenai Materi Anatomi Sistem Urogenitalia untuk Mahasiswa Program Studi Kedokteran
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015205-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Munawaroh, dr., M.MedEd
2. Nanang Wiyono, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.