Penulis Utama : Steven Irving
NIM / NIP : G0015217
×

Latar Belakang: Perawakan Pendek merupakan suatu kondisi yang ditunjukkan dengan nilai Z-Score kurang dari -2 SD (Standar Deviasi) pada pengukuran tinggi badan menurut umur (TB/U) atau panjang badan menurut umur (PB/U). Apabila keadaan ini terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun, maka akan meningkatkan risiko menurunnya kemampuan kognitif dan performa belajar pada masa anak-anak dan remaja, dan juga memiliki konsekuensi tingkat pendidikan dan ekonomi yang buruk baik di tingkat individu, tingkat rumah tangga, ataupun tingkat masyarakat. Oleh karena itulah, peneliti ingin meneliti faktor risiko perawakan pendek pada anak usia 0-24 bulan di Kota Surakarta agar dapat mencegah terjadinya perawakan pendek sedini mungkin.
Metode Penelitian:Penelitian ini merupakan penelitian bersifat observasional (non-eksperimental) dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di beberapa Posyandu Balita Binaan Puskesmas Sangkrah, Puskesmas Nusukan, Puskesmas Pucang Sawit, Puskesmas Penumping, dan Puskesmas Jayengan pada bulan September – Oktober 2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode consecutive sampling. Pengukuran panjang badan bayi dilakukan dengan infantometer dan melalui wawancara menggunakan kuesioner faktor risiko pada ibu. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 23 dengan uji bivariat (uji Chi-Square dan uji Fisher-exact) dan uji multivariat (regresi logistik berganda)
Hasil Penelitian: Total responden adalah 139 sampel dengan 128 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil Analisis Bivariat menunjukkan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara perawakan pendek dengan faktor risiko berat badan lahir rendah, umur kehamilan premature, dan tinggi badan ibu pendek. Hasil Analisis Multivariat menunjukkan bahwa faktor tinggi badan ibu pendek menjadi faktor yang dominan mempengaruhi perawakan pendek.
Simpulan Penelitian: Tinggi badan ibu pendek (tinggi < 145>

 

×
Penulis Utama : Steven Irving
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015217
Tahun : 2018
Judul : Faktor Risiko Perawakan Pendek pada Anak Usia 0-24 Bulan di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015217-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hari Wahyu Nugroho, dr., Sp.A(K), M.Kes
2. Husnia Auliyatul Umma, dr., Sp.A, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.