Penulis Utama : Rifka Annisa Arin
NIM / NIP : I0114103
×

ABSTRAK

Analisis Kekeringan Hidrologi Berdasarkan Metode Palmer Di Daerah Aliran Sungai Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret.
DAS Tirtomoyo merupakan sub DAS Bengawan Solo Hulu 3 yang bermuara di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dan terletak di sebelah tenggara Kabupaten Wonogiri. Kabupaten Wonogiri memiliki curah hujan yang cukup rendah, sehingga mempengaruhi ketersediaan air di wilayah sekitarnya. Ketersediaan air yang rendah dapat menyebabkan terjadinya bencana kekeringan, salah satunya yaitu terjadi kekeringan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tirtomoyo.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekeringan menggunakan indeks kekeringan metode Palmer dan mengetahui kriteria kering berdasarkan indeks kekeringan hidrologi serta memperoleh peta persebaran kekeringan menggunakan software ArcGIS. Perhitungan debit untuk indeks kekeringan hidrologi menggunakan rumus metode NRECA. Kemudian membuat grafik hubungan antara debit (Q) dengan indeks kekeringan Palmer.
Hasil yang didapat dari analisis menunjukan bahwa kekeringan paling parah terjadi pada bulan November periode II tahun 2010 dengan nilai indeks kekeringan Palmer sebesar X = -6,778; maka termasuk dalam kriteria amat sangat kering. Berdasarkan  perhitungan debit yang berpotensi terjadinya bencana kekeringan yaitu pada bulan Juni hingga bulan Oktober tahun 2015 dengan ketersediaan air yang kecil. Hasil dari perhitungan debit dan indeks kekeringan Palmer dapat dibuat grafik hubungan diantara keduanya. Grafik tersebut menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,3596 dengan persamaan grafik y=2,5443x + 5,8041.  Selanjutnya untuk memperoleh peta persebaran kekeringan digunakan software ArcGIS.

Kata kunci : DAS Tirtomoyo, Pemetaan, Kekeringan, NRECA, Metode Palmer.

 

×
Penulis Utama : Rifka Annisa Arin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0114103
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kekeringan Hidrologi Berdasarkan Metode Palmer di Daerah Aliran Sungai Tirtomoyo Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik, Program Studi Teknik Sipil-I0114103-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Rr. Rintis Hadiani, M.T
2. Ir. Solichin, S.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.