Penulis Utama : Endang Sulistyowati
NIM / NIP : K1407418
×

Endang Sulistyowati. K7414018. PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 SUKOHARJO. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2018.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh model problem based dengan think pair share terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi - eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Sukoharjo. Sampel yang terpilih adalah kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model problem based learning dengan think pair share terhadap keaktifan belajar siswa yang dibuktikan dengan perolehan nilai uji t = 5,251 (p = 0,000). Siswa yang dibelajarkan melalui model problem based learning dengan think pair share memiliki keaktifan belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang dibelajarkan melalui model problem based learning. Data posttest mengenaikeaktifan belajar siswa pada pembelajaran akuntansi terdapat perbedaan peningkatan sebesar 17 point dari 66 menjadi 83 pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model problem based learning dengan think pair share terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Sukoharjo.

 

×
Penulis Utama : Endang Sulistyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1407418
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Think Pair Share Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK Negeri 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 PDU Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Program Studi Pendidikan Akuntansi-K 1407418-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
2. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.