Penulis Utama : Febriana Ramadhani
NIM / NIP : H0814049
×

ABSTRAK

Teh merupakan salah satu produk unggulan di Indonesia. Banyak ragam teh yang dijual dengan berbagai atribut yang berbeda. Masyarakat dalam memilih produk teh disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginannya, selain itu masyarakat berasal dari segmen yang berbeda-beda sehingga memiliki selera yang berbeda dalam pembelian teh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut teh seduh dan teh celup yang menjadi preferensi konsumen serta mengetahui atribut teh seduh  dan  teh  celup  yang  paling  dipertimbangkan  saat  pembelian  teh  di Kabupaten Sukoharjo.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Penentuan lokasi secara purposive   dan pengambilan sampel secara accidental sampling sebanyak 96 responden. Penelitian dilakukan pada tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Kartasura, Kecamatan Sukohgarjo, dan Kecamatan Weru. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis chi- square dan analisis multiatribut fishbein.
Hasil analisis chi-square menunjukkan bahwa atribut yang diteliti signifikan pada taraf kepercayaan 95% baik teh seduh maupun teh celup, yang berarti terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut teh. Kategori atribut teh seduh yang menjadi preferensi konsumen yaitu rasa sepat sedikit pahit, warna merah kecoklatan, aroma sedikit harum, dan ukuran 40 gram. Kategori atribut  pada  teh  celup  yang  menjadi  preferensi  konsumen  adalah  teh  yang memiliki rasa sepat sedikit pahit, warna merah kecoklatan, aroma sedikit harum, ukuran 8 gram, keprkatisan yang mudah dalam penyajian dan   jenis kemasan kardus. Hasil analisis multiatribut fishbein diketahui bahwa atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian teh seduh adalah rasa, sedangkan pada teh celup adalah kepraktisan.

Kata Kunci: Analisis Konsumen, Teh, Kabupaten Sukoharjo

×
Penulis Utama : Febriana Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814049
Tahun : 2018
Judul : Analisis Preferensi Konsumen terhadap Pembelian Teh di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H0814049-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir .Joko Sutrisno, M.P.
2. Dr. Umi Barokah, S.P.,M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.