Penulis Utama : Susi Rahmawati
NIM / NIP : H0814132
×

ABSTRAK

Kinerja pemasaran merupakan konsep untuk mengukur dan menilai prestasi suatu unit usaha dalam pasar, dimana setiap UMKM berkepentingan untuk mengetahui pencapaian prestasinya sebagai cermin dari keberhasilan usaha dalam persaingan pasar. Tekanan bisnis dari pesaing dan semakin ketatnya persaingan, mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM pangan olahan di Kota Surakarta. Oleh karena itu untuk mencapai kinerja pemasaran yang baik perlu adanya pengetahuan mengenai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pimpinan terhadap orientasi pasar dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel orientasi pasar, inovasi produk dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pangan olahan di Kota Surakarta.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik penelitian survei. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Lokasi penelitian di Kota Surakarta. Pengambilan sampel dengan metode purposive random sampling dengan jumlah responden 50 orang pelaku atau pemilik UMKM pangan olahan yang ada di Kota Surakarta. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data  dilakukan  dengan  observasi,  survei  dan  dokumentasi.  Analisis  dilakukan dengan menggunkan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian membuktikan bahwa karakteristik pimpinan berpengaruh positif terhadap orientasi pasar. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dari tiga variabel  yang  diduga  mempengaruhi  kinerja  pemasaran,  ternyata  hanya  dua variabel  yang  terbukti  berpengaruh  positif  terhadap  kinerja  pemasaran  yaitu variabel orientasi pasar dan inovasi produk, sedangkan orientasi kewirausahaan tidak  berpengaruh  terhadap  kinerja  pemasaran.  Oleh  karena  itu,  para  pelaku UMKM pangan olahan diharapkan lebih terbuka dan mau mengikuti perubahan pola   kehidupan   yang   terus   berkembang.   Memperhatikan   perubahan   selera konsumen dan menjawab perubahan tersebut melalui perbaikan-perbaikan kualitas produk serta pelayanan guna mempertahankan minat beli konsumen. Para pelaku UMKM   diharapkan   dapat   memanfaatan   teknologi   modern   sebagai   media pemasaran. Hal ini diharapkan mampu mempertahankan usaha agar berujung pada peningkatan keuntungan dan peningkatan kinerja pemasaran usaha.


Kata Kunci: Pemasaran, Usaha Mikro, Olahan Pangan

×
Penulis Utama : Susi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814132
Tahun : 2018
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pangan Olahan di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Agribisnis-H0814132-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si.
2. Nuning Setyowati, S.P., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.