Penulis Utama : Bayu Dwi Prasetyo
NIM / NIP : F3515013
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta, dan untuk mengetahui apakah layanan pajak Bumi dan Bangunan yang diberikan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta sudah sesuai dengan harapan wajib pajak.
Metode penelitian ini adalah penelitaian dekriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi dilapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, kuesioer, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Surakarta (BPPKAD) sudah diterapkan dimensi Tangible, Realiability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty beserta  indikatornya. Namun ada indikator yang belum sesuai dengan keinginan wajib pajak, yaitu mengenai jaminan ketepatan waktu dalam melakukan pelayanan. Secara kesuluruhan layanan Pajak Bumi dan Bangunan yang diberikan oleh Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) sudah sesuai dengan harapan wajib pajak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta sudah diterapkan dimensi Tangible, Realiability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty beserta indikatornya dengan baik, dan secara keseluruhan, menunjukan layanan yang diberikan sudah memenuhi harapan dari wajib pajak. Peneliti juga memberikan saran untuk BPPKAD Kota Surakarta agar bagian pelayanan memberikan jaminan ketepatan waktu dalam melakukan pelayanan kepada pengguna layanan. Agar pengguna layanan tidak menunggu terlalu lama saat mengurus pelayanan yang diajukan, dan memberitahu alur dan persyaratan yang diperlukan saat wajib pajak mengurus keperluannya.

×
Penulis Utama : Bayu Dwi Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515013
Tahun : 2018
Judul : Penilaian Kualitas Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan di Badan Pendapatan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3515013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adnan Effendi, S.E.,M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.