Penulis Utama : Rudy Santoso
NIM / NIP : S971402004
×

ABSTRAK
Pendahuluan: Asma merupakan inflamasi kronik saluran napas. Asma alergi ditandai dengan sumbatan jalan nafas dan pada kasus yang paling parah dapat terjadi kematian karena sesak napas. Vitamin E (alfa tokoferol) sebagai antioksidan kuat dan dianggap memperbaiki keadaan alergi. Terjadi peningkatan marker alergi yaitu eosinophil lymphocyte ratio (ELR), neutrophil lymphocyte ratio (NLR) dan Imunoglobulin E Total (IgE Total) pada asma alergi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pemberian alfa tokoferol terhadap marker alergi pada penderita asma alergi. 
Metode: Penelitian analitik observasional dengan pendekatan eksperimental pada 32 pasien asma alergi, usia >18 tahun. Pasien dibagi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan uji (dengan alfa tokoferol), masing-masing diukur ELR, NLR, dan IgE total sebelum dan sesudah perlakuan. Nilai p<0,05 bermakna secara statistik. 
Hasil: Konsumsi alfa tokoferol secara signifikan mempengaruhi ELR dan IgE total (p=0,001), namun tidak pada NLR (p=0,163). 
Simpulan: Temuan kami menunjukkan bahwa alfa tokoferol secara signifikan dapat menurunkan ELR dan IgE total pada pasien asma alergi.  
 
Kata Kunci: Asma alergi, alfa tokoferol, ELR, NLR, IgE Total.

×
Penulis Utama : Rudy Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S971402004
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pemberian Alfa Tokoferol terhadap Marker Alergi Eosinophil Lymphocyte Ratio, Neutrophil Lymphocyte Ratio dan Imunoglobulin E Total pada Penderita Asma Alergi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS Patologi Klinik
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Progam Studi Patologi Klinik-S971402004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. B. Rina A. Sidharta, dr., SpPK-K
2. Amiroh Kurniati dr., SpPK., MKes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.