Penulis Utama : Lelya Aprilianingtyas
NIM / NIP : H0414023
×

Kabupaten Grobogan memiliki potensi dalam memproduksi kedelai, baik potensi Sumberdaya Manusia maupun Sumberdaya Alamnya. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Grobogan membangun Rumah Kedelai Grobogan (RKG) sebagai Sentra Informasi Teknologi Pengolahan dan Pelatihan Kedelai Varietas Grobogan. Rumah Kedelai Grobogan (RKG) adalah unit yang mengembangkan komoditas kedelai Varietas Grobogan secara menyeluruh dari Hulu ke Hilir. Rumah Kedelai Grobogan diresmikan pada 25 Maret 2017 oleh Bupati Grobogan dan Gubernur Jawa Tengah. Mulai dari berdirinya hingga saat ini Rumah Kedelai Grobogan masih belum banyak berubah, sehingga perlu alternatif  strategi untuk pengembangan Rumah Kedelai Grobogan (RKG).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Rumah Kedelai Grobogan (RKG), mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan Rumah Kedelai Grobogan (RKG), merumuskan alternatif strategi pengembangan Rumah Kedelai Grobogan (RKG) yang  dapat  diterapkan  oleh  pihak  pengelola  RKG  di  Kabupaten  Grobogan. Metode  dasar  dalam  penelitian  ini  adalah  kualitatif.  Lokasi  penelitian  di Kabupaten Grobogan dengan pertimbangan bahwa Rumah Kedelai Grobogan (RKG) terletak di Desa Krangganharjo, Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan dan Kedelai Varietas Grobogan berasal dari Kabupaten Grobogan serta keadaan wilayah  di  Kabupaten  Grobogan  mempunyai  potensi  untuk  pengembangan kedelai varietas Grobogan. Pengambilan informan dilakukan dengan teknik sequential sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data adalah (1) analisis faktor internal dan eksternal (2) analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal (3) matriks SWOT untuk merumuskan alternatif strategi.
Hasil penelitian diketahui bahwa kekuatan terbesar yaitu lokasi strategis sedangkan kelemahan terbesar adalah jam kerja yang berbeda-beda. Peluang terbesar adalah pasar yang masih terbuka sedangkan ancaman terbesar adalah perilaku konsumen  kurang baik terhadap  RKG.  Alternatif strategi  yang dapat diterapkan   dalam   mengembangkan   Rumah   Kedelai   Grobogan   (RKG)   di Kabupaten Grobogan antara lain yaitu meningkatkan kualitas pelatihan dan pelayanan untuk memperoleh pasar, meningkatkan kerjasama dengan pihak lain, menambah ketersedian dan memperbaiki jam kerja SDM, memperbaiki dokumen SOP  yang  dimiliki  dan  mensosialisasikan  kepada  karyawan  untuk  kemajuan RKG, pengoptimalan kualitas pelayanan pelatihan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, peningkatan mutu dan kualitas kerja karyawan untuk merubah perilaku konsumen, meningkatkan kualitas dan jam kerja karyawan untuk menambah kunjungan dan pesanan, memaksimalkan promosi untuk lebih dikenal masyarakat.

×
Penulis Utama : Lelya Aprilianingtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0414023
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pengembangan Rumah Kedelai Grobogan (Rkg) Di Kabupaten Grobogan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H 0414023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapja Anantanyu, S.P., M.Si
2. Arip Wijianto, S.P., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.