Penulis Utama : Rizka Sabrina Putri
NIM / NIP : G0113089
×


Hostile attribution bias dapat memicu agresivitas dan konflik seperti pertikaian yang melibatkan anggota TNI. Beberapa faktor yang berperan dalam hostile  attribution  bias  adalah  kontrol  diri  dan  perilaku  prososial.  Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kontrol diri dan perilaku prososial dengan hostile attribution bias, hubungan kontrol diri dengan hostile attribution bias,  dan  hubungan  perilaku  prososial  dengan  hostile  attribution  bias  pada anggota TNI di Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota TNI di salah satu institusi di Surakarta   yang   berjumlah   300   anggota   TNI.   Partisipan   dalam   penelitian berjumlah 57 anggota TNI yang dipilih menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala hostile attribution bias(?=0,884), skala kontrol diri(?=0,895), dan skala perilaku prososial(?=0,912). Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan korelasi parsial.
Hasil regresi linear berganda menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (31,393>3,16), dengan sig=0,00(p< 0 R=0,733. rx1y=-0,490(p rx2y=-0,577(p>kontrol diri dan perilaku prososial dengan hostile attribution bias, terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kontrol diri dan hostile attribution bias, dan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara perilaku prososial dengan hostile attribution bias.
Kata kunci : hostile attribution bias, kontrol diri, perilaku prososial.

×
Penulis Utama : Rizka Sabrina Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113089
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Kontrol Diri dan Perilaku Prososial dengan Hostile Attribution Bias pada Anggota TNI di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Psikologi-G0113089-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rini Setyowati, S.Psi., M.Psi.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.