Penulis Utama : Agnesia Levirosa Putri
NIM / NIP : K4214001
×

Penelitian ini bertujuan  untuk  (1)  mendeskripsikan dan  menjelaskan  unsur intrinsik yang terdapat di dalam cerkak-cerkak yang terdapat di majalah Panjebar Semangat Edisi (1 – 53) tahun 2016; (2) mendeskripsikan keadaan sosial masyarakat yang terdapat di dalam cerkak-cerkak yang terdapat di majalah Panjebar Semangat Edisi (1 – 53) tahun 2016; (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi cerkak -cerkak  yang terdapat di dalam majalah Panjebar Semangat Edisi (1 – 53) tahun 2016.
Penelitian   ini   merupakan   penelitian  kualitatif  dengan metode kualitatif deskriptif.  S umber  data  dalam penelitian  ini  adalah  dokumen  dan  informan. Validitas  data  merupakan  triangulasi  teori  dan  sumber.  Teknik  pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini merupaka teknik purposive sampling. Teknik   pengumpalan  data  menggunakan  teknik   membaca  dan  wawancara. Analisis data ada 4  yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial,  tema dan kultural.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dan  pembahasan  yang  tertulis  pada  bab  IV mengenai analisis  cerkak,  keadaan  sosial  masyarakat,  serta  relevansi  sebagai materi pembelajaran apresiasi sastra siswa sekolah  menengah atas maka dapat disimpulkan bahwa analisis 6 cerkak yang mengandung unsur sastra anak cocok menjadi bacaan untuk siswa. Hasil analisis yang berupa unsur intrinsik cerkak memuat amanat  yang sesuai dengan perkembangan pembaca,  terutama siswa. Selain  itu  keadaan  sosial  masyarakat  yang  ditemukan  dalam  masing- masing cerkak sesuai dengan kemampuan anak. Keenam cerkak yang sudah ditemukan peneliti juga relevan terhadap materi pembelajaran apresiasi sastra siswa sekolah menengah atas karena enam cerkak tersebu sesuai dengan kompetensi dasar dalam kurikulum 2013  serta memuat amanat dan nilai- nilai yang baik  sesuai dengan perkembangan  siswa.

×
Penulis Utama : Agnesia Levirosa Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4214001
Tahun : 2018
Judul : Analisis Sastra Anak dalam Cerkak di Majalah Panjebar Semangat Edisi (1 – 53) Tahun 2016 serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra Siswa SMK (Sebuah Pendekatan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bahasa Jawa-K4214001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Rahmat S.S.,M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.