Penulis Utama : Arfa Dhani Nugraha
NIM / NIP : S061502002
×

Sastra merupakan cerminan kehidupan nyata. Seperti halnya novel, novel merupakan sarana pendidikan karakter. Banyak nilai yang terkandung dalam novel dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mendeskripsikan: 1) struktur novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 2) struktur kepribadian tokoh utama pada novel Kinantikarya Margareth Widhy Pratiwi, 3) problem kejiawaan tokoh utama pada novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 4) mekanisme pertahanan dan konflik tokoh utama pada novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 5) nilai pendidikan karakter religius menurut Pakubuwono IV pada novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 6) relevansi terhadap pembelajaran teori sastra Jawa di Perguruan Tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dan sumber data penelitian ini berupa kalimat atau paragraf yang terdapat dalam novel Kinanti kaya Margareth Widhy Pratiwi serta buku acuan yang berkenaan dengan penelitian. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dengan 3 teknik yaitu teknik baca, teknik catat, dan teknik wawancara. Teknik validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi atau content analysis. Prosedur penelitian dalam penelitian ini ada tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya 1) struktur novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 2) struktur kepribadian tokoh utama novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 3) problem kejiawaan tokoh utama pada novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 4) mekanisme pertahanan dan konflik tokoh utama pada novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, 5) nilai pendidikan karakter religius menurut Pakubuwono IV pada novel Kinanti karya Margareth Widhy Pratiwi, dan 6) relevansi terhadap pembelajaran teori sastra Jawa di Perguruan Tinggi.

×
Penulis Utama : Arfa Dhani Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S061502002
Tahun : 2018
Judul : Aspek Kejiwaan Tokoh Utama dan Konsep Nilai Religi Menurut Serat Wulangreh Karya Pakubuwono IV pada Novel Kinanti Karya Margareth Widhy Pratiwi serta Relevansinya terhadap Pembelajaran Teori Sastra di Perguruan Tinggi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa-S061502002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum
2. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.