Penulis Utama : Whiesa Daniswara
NIM / NIP : D1415037
×

ABSTRAK

Seorang editor memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah produksi acara televisi. Dari yang menggabungkan gambar, memberikan efek agar lebih dramatis, sampai sebuah acara itu menjadi menarik untuk di tonton oleh masyarakat. Terlebih program berita yang memberikan informasi – informasi yang sangat penting bagi penonton. Seorang editor berita harus mampu berpikir cepat dan tepat terlebih untuk melawan deadline. Khususnya program investigasi yang menayangkan  program – program kriminal sehingga diperlukan konsentrasi tinggi untuk mengedit paket berita tersebut.

Penulis melaksanakan Kuliah Kerja Media kurang lebih selama 2 bulan di salah satu stasiun televisi swasta yang ada di Jakarta Selatan, yaitu Rajawali Televisi dengan mendapatkan kesempatan terlibat dalam proses produksi khususnya sebagai editor di program acara Catatan Seputar Investigasi (C.S.I). Proses yang dijalankan sangat membantu dalam mempraktekan ilmu teori penyiaran yang di dapat selama kegiatan perkuliahan. Selama penulis melakukan Kuliah Kerja Media, seluruh kru dan karyawan sangat membantu anak magang dalam mengajarkan tugas selama Kuliah Kerja Media. Mereka tidak pernah memandang anak magang dengan sebelah mata, memberikan anak magang pembelajaran dengan segala pengalaman yang mereka miliki selama bekerja. Mereka sangat membantu dalam menambah wawasan pengetahuan penulis, serta pengalam kerja di media. Terlebih rekan editor juga tidak segan – segan untuk berbagi ilmu yang mereka miliki kepada penulis.

Penulis mengerti akan pentingnya editor dalam sebuah program acara, karena disetiap program acara pasti memiliki ciri khas dalam hal editing di suatu program dengan program lainnnya. Selain itu, editing juga berfungsi untuk memperjelas informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Maka dari itu sebagai editor harus paham  dan mengerti mengenai tekhnik editing yang baik dan benar.

Kata Kunci : Editor, program investigasi, tekhnik editing.

 

×
Penulis Utama : Whiesa Daniswara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1415037
Tahun : 2018
Judul : Editing On-Line pada Program Catatan Seputar Investigasi (C.S.I) di Rajawali Televisi Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - 2018
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jur. Komunikasi Terapan / Penyiaran-D1415037-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heri Setyawan, S.Sos, M.Sn.
2. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.