Penulis Utama : Rino Basudewa
NIM / NIP : D0213078
×

ABSTRAK


Setelah sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak pengguna, Instagram menjadi media sosial yang banyak sekali peluang untuk melakukan kegiatan campaign. Dalam melakukan campaign, media sosial digunakan sebagai alat penghubung yang praktis sebagai alat komunikasi tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi. Akun @proudproject memanfaatkan kekuatan storytelling melalui Instagram yang membantu dalam mengembangkan keterampilan sosial-emosional, sehingga dalam proses perkembangan seseorang mampu menunjukkan keterampilan sosial yang tinggi dan memungkinkan merubah perilaku empati.
Tujuan storytelling melalui media sosial instagram digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kekuatan storytelling melalui media sosial instagram terhadap perilaku empati pengguna akun instagram @proud.project dan untuk mengetahui besar kontribusi kekuatan storytelling melalui media sosial instagram terhadap perilaku empati pengguna akun instagram @proud.project. Variabel yang digunakan adalah cerita mampu menarik perhatian, cerita mempromosikan berpikir kritis, cerita mengesankan, cerita menciptakan empati, cerita mengilhami perubahan.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah followers akun instagram @proud.project. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan kriteria sampel antara lain: (1) Sampel mem-follow atau mengikuti akun instagram @proud.project dan (2) Sampel dalam 1 bulan terkahir mengakses akun instagram @proud.project dengan jumlah 135 followers. Analisis data menggunakan Statistic Regresi. Statistic Regresi yang dapat menjelaskan pengaruh antara dua variabel yaitu variabel kekuatan storytelling dengan variabel perilaku empati yang diteliti.
Hasil uji analisis statistic regresi menunjukkan bahwa Ada pengaruh kekuatan storytelling terhadap perubahan perilaku empati pada follower akun Instagram @proud.project. Pengaruh tersebut ditunjukkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung > tabel atau 5,703 > 1,652 dengan hasil p = 0,008 < 0,05. Artinya, semakin tinggi kekuatan storytelling maka mampu meningkatkan perilaku empati. Besar kontribusi kekuatan storytelling terhadap perubahan perilaku empati pada followers akun instagram @proud.project sebesar 21,8%. dan sisanya 78,2% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi. Variabel lain tersebut diantaranya yaitu penggunaan facebook pada komunitas tertentu atau kualitas informasi pada instagram.
 

×
Penulis Utama : Rino Basudewa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213078
Tahun : 2018
Judul : Storytelling Dan Perilaku Empati (Pengaruh Kekuatan Storytelling Melalui Media Sosial terhadap Perubahan Perilaku Empati Pada Follower akun Instagram @proud.project)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.ISIP Jur. Ilmu Komunikasi, D0213078-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S. Sos., Ph. D
2. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.