Penulis Utama : Zainal Arifin
NIM / NIP : K7414059
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pengaruh self assessment terhadap motivasi pada pembelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-eksperimental research). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Surakarta. Sampel yang terpilih adalah kelas XI Akuntansi 1 dan kelas XI Akuntansi 3 dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji prasyarat analisis dan uji hipotesis). Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif self assessment terhadap motivasi peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan nilai uji t = 2.432 (p = 0,018). Peserta didik yang dibelajarkan menggunakan self assessment memiliki motivasi lebih tinggi daripada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan teacher assessment. N-Gain mengenai motivasi peserta didik dalam pembelajaran akuntansi di kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan self assessment terhadap motivasi pada pembelajaran akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Zainal Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414059
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Self Assessment Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP Prodi Pendidikan Akuntansi-K 7414059-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudiyanto, M.Pd
2. Nurhasan Hamidi, S.E., M.Sc., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.