Penulis Utama : Yulia Kusumastutik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Reaksi pasar terhadap pengumuman stock split dengan memperhatikan size effect dan industry effect perusahaan di BEJ
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300090-2004
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Salah satu informasi yang tersedia di pasar modal adalah pengumuman stock split. Latar belakang penelitian ini adalah ingin membuktikan ada tidaknya reaksi pasar akibat pengumuman  stock split karena banyak hasil dari penelitian terdahulu yang kontroversial Penelitian ini mengungkapkan tiga hipotesis, yaitu ada tidaknya reaksi pasar yang terjadi akibat pengumuman stock split lalu membandingkannya apakah ada perbedaan reaksi pasar antara perusahaan kecil, sedang, dan besar serta perusahaan keuangan dan non-keuangan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei data sekunder dengan populasi seluruh perusahaan yang melakukan pengumuman stock split pada periode 1998-2002 yang seluruhnya berjumlah 88 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Setelah diseleksi berdasarkan kriteria dan kelengkapan data, hanya 36 perusahaan yang dijadikan sampel. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama adalah uji-t. Uji-t dilakukan sampai dengan menghitung nilai abnormal return standarisasi untuk mengetahui nilai t-hitungnya lalu dibandingkan dengan nilai t-tabel untuk mengetahui ada tidaknya reaksi pasar akibat adanya pengumuman stock split. Uji-F dilakukan untuk menguji hipotesis kedua dan ketiga dengan bantuan program komputer SPSS versi 11.0. Pengujian kedua dilakukan dengan terlebih dahulu menggolongkan perusahaan berdasarkan analisis log natural atas total aktiva perusahaan. Metode yang digunakan adalah quick cluster. Untuk pengujian hipotesis ketiga, perusahaan sampel dibagi terlebih dahulu menjadi dua jenis industri yang berbeda menurut pengklasifikasian ICMD, yaitu perusahaan keuangan dan perusahaan non-keuangan.

Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa awalnya investor sempat mengganggap perusahaan akan meningkatkan kesejahteraan mereka dengan adanya peristiwa stock split karena pasar bereaksi meskipun hanya  meski hanya pada taraf signifikansi 10% saja. Namun akhirnya, pasar bereaksi signifikan negatif karena nilai abnormal return saham yang diperolehnya justru bernilai negatif setelah perusahaan benar-benar mengumumkan stock split. Sementara hasil analisis kedua dan ketiga menunjukkan bahwa meskipun pasar bereaksi atas pengumuman stock split oleh perusahaan namun informasi ini tidak bisa menunjukkan adanya perbedaan reaksi pasar yang terjadi antara perusahaan kecil, sedang, dan besar serta perusahaan keuangan dan non-keuangan. Ini berarti variabel kontrol yang berupa size effect dan industry effect perusahaan tidak mempengaruhi besarnya perbedaan reaksi pasar yang terjadi akibat adanya pengumuman stock split oleh suatu perusahaan di pasar modal.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis