Penulis Utama : Galih Putra P
NIM / NIP : S011508002
×

ABSTRAK

Tahun 2012, Kota Magelang mencanangkan diri sebagai Kota Sejuta Bunga yang sekaligus menjadi brand baru dari kota Magelang untuk mewujudkan Kota Jasa yang dikemas lebih menarik. Gagasan Kota Sejuta Bunga ini di latar belakangi oleh sejarah pada zaman Kolonial yang pada saat itu Kota Magelang lebih dikenal sebagai Tuin Van Java (Kota Kebun/Tamannya Pulau Jawa). Dalam rangka mempertegas identitas kota guna memenangkan persaingan kota tersebut yang menjadi perhatian Peneliti. Peneliti mengkaji visual branding yang diperuntukkan mendukung program city branding Kota Magelang yang memiliki slogan Magelang Kota Sejuta Bunga.

Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus agar dapat menangkap fenomena-fenomena yang terjadi, kemudian dikaji secara lebih mendalam, detail, intensif dan komperhensif. Inti dari penelitian ini ialah menganalisis unsur estetika, unsur desain dan unsur komunikasi yang ada di dalam item visual branding yang digunakan oleh Kota Magelang untuk mengkomunikasikan city brandingnya.

Penulisan tesis ini menawarkan strategi visual yang menyeluruh untuk mendukung dan mensukseskan program pemasaran kota (city branding). Pemasaran sebuah kota, daerah, dan negara telah menjadi sangat dinamis, kompetitif, dan penting. Membangun citra sebuah kota membutuhkan upaya visualisasi yang utuh antara landmark, ikon, simbol kota, kemudian dilakukan pula upaya komunikasi melalui media promosi yang strategis dan estetis untuk menyampaikan pesan agar efektif dan efisien.  Memperkuat identitas kota tidak hanya dengan menciptakan element visual yang bersifat kekinian saja sebagai sarana komunikasi merek, namun juga bisa dengan memanfaatkan ikon kota yang sudah menjadi memori tersendiri di benak masyarakat. Upaya visualisasi membutuhkan strategi yang utuh dan menyeluruh antara landmark, ikon, simbol kota, kemudian dilakukan pula upaya komunikasi melalui media promosi yang strategis dan estetis untuk menyampaikan pesan agar efektif dan efisien.

Kata Kunci : Kota Magelang, Bunga, city branding

×
Penulis Utama : Galih Putra P
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S011508002
Tahun : 2018
Judul : Visual Branding: Magelang Kota Sejuta Bunga
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Seni Rupa-S011508002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ahmad Adib, M.Hum.,2 Ph.D.,
2. Dr. Titis Srimuda Pitana, S.T., M.Trop.Arch.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.