Penulis Utama : Anita Devi Astuti
NIM / NIP : C0213007
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimana bentuk pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat pada Akun Instagram Ngomikmaksa?; (2) bagaimana implikatur percakapan yang terjadi pada Akun Instagram Ngomikmaksa? 
Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat pada Akun Instagram Ngomikmaksa; (2) mendeskripsikan implikatur percakapan yang terjadi pada Akun Instagram Ngomikmaksa. 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah  pendekatan pragmatik prinsip kerja sama Grice. Sumber data dalam penelitian ini adalah unggahan pada Akun Instagram Ngomikmaksa. Data yang terdapat pada penelitian ini adalah data tulis yang terdapat pada balon percakapan yang berisi tuturan antartokoh beserta konteks yang mengandung pelanggaran prinsip kerja sama dan implikatur percakapan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode simak dan teknik simak bebas libat cakap (SBLC). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan padan pragmatis, serta metode kontekstual.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pelanggaran prinsip kerja sama yang terdapat pada Akun Instagram Ngomikmaksa berjumlah 94 data dengan rincian maksim kuantitas berjumlah 28 data, maksim kualitas berjumlah 17 data, maksim relevansi berjumlah 39 data, dan maksim pelaksanaan/cara berjumlah 13 data; (2) implikatur percakapan yang terdapat pada Akun Instagram Ngomikmaksa berjumlah 94 data dengan rincian implikatur menyatakan berjumlah 8 data, implikatur anjuran 7 data, implikatur mengumpat 5 data, implikatur menjelaskan 15 data, implikatur perintah 7 data, implikatur berjanji 2 data, implikatur mengkritik 11 data, implikatur tersinggung 2 data, implikatur berterima kasih 3 data, implikatur menolak 13 data, implikatur menuduh 4 data, implikatur memberitahukan 6 data, implikatur menyetujui 6 data, implikatur menyatakan harapan 7 data.

Kata Kunci : Pelanggaran Prinsip Kerja Sama, Implikatur Percakapan

×
Penulis Utama : Anita Devi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213007
Tahun : 2018
Judul : Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur Percakapan pada Akun Instagram Ngomikmaksa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Program Studi Sastra Indonesia-C0213007-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri S. Widyastuti, M.Hum,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.