Penulis Utama : Maria Florentina Tery
NIM / NIP : S861508017
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah lokal berbasis peninggalan Portugis di Universitas Flores; 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sejarah lokal berbasis peninggalan Portugis di Universitas Flores; 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran sejarah lokal berbasis peninggalan Portugis di Universitas Flores; 4) menjelaskan kendala-kendala yang dihadapi serta solusi  dalam pembelajaran sejarah lokal berbasis peninggalan Portugis di Universitas Flores.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan strategi studi kasus tunggal. Sumber data dari penelitian ini adalah Informan, Arsip dan dokumen serta Tempat serta aktivitas. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan, 1) dosen sejarah lokal program studi pendidikan sejarah Universitas Flores mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan  maksimal, meskipun dalam pelaksanaannya tidak semua berjalan sesuai dengan perencaanan. Ada beberapa kendala yang harus dievaluasi lagi oleh dosen, agar pada kegiatan pembelajaran berikutnya lebih baik dan efektif; 2) pelaksanaan pembelajaran sejarah lokal dengan memanfaatkan peninggalan kolonial Portugis di Flores, kegiatan pembelajarannya berjalan semangat dan antusias. Dosen mampu menciptakan dan memelihara suasana belajar yang optimal. Metode diskusi serta penyajian video yang digunakan dosen sedikit menemukan kendala, karena kurangnya referensi materi bagi mahasiswa serta video yang digunakan belum dirancang dengan baik; 3) Evaluasi pembelajaran sejarah lokal yang memanfaatkan peninggalan Portugis di Flores yaitu, mulai dari rancangan pembelajaran hingga evaluasi, hasilnya memuaskan, Penilaian yang dosen gunakan adalah penilaian proses, menggunakan rubrik deskriptif yang harus dievaluasi lagi oleh dosen agar hasilnya lebih optimal; 4) kendala yang dialami yaitu, Sumber materi ajar yang langkah dijumpai; metode pembelajaran yang lebih tepat menggunakan metode karya wisata; media pembelajaran seperti video pembelajaran yang digunakan dosen dalam kegiatan pembelajaran masih jauh dari sempurna, diakibatkan tidak adanya teknisi atau ahli pembuatan video serta manajemen waktu yang kurang tepat. Untuk mengatasi semua hambatan tersebut, diperlukan kerja sama dari semua pihak, selain itu metode karya wisata (study tour) sangat tepat diterapkan dalam kaitan dengan penelitian ini serta pembuatan media pembelajaran seharusnya dilakukan oleh ahli media.

Kata Kunci: Peninggalan Portugis di Flores, Pembelajaran Sejarah Lokal

 

×
Penulis Utama : Maria Florentina Tery
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861508017
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Peninggalan Portugis di Flores (Studi Kasus Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Flores)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Magister Pendidikan Sejarah - S861508017-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M. Sc.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.