Penulis Utama : Ocviyanti Hendra Rezky
NIM / NIP : H3115053
×

ABSTRAK


Keripik merupakan salah satu bentuk olahan pangan modern yang memiliki sifat kering, renyah, tahan lama, praktis, mudah dibawa dan disimpan, serta dapat dinikmati kapan saja. Proses produksi coconut chips dengan penambahan ekstrak jahe emprit merupakan salah satu bentuk inovasi baru dalam pengolahan pangan yang menghasilkan produk dengan nilai gizi yang baik. Praktek produksi keripik kelapa rasa jahe bertujuan untuk mengetahui metode pembuatan keripik kelapa rasa jahe, serta mengamati beberapa parameter keripik kelapa rasa jahe yang dihasilkan seperti kadak aktivitas antioksidan, kadar TBA, serta uji organoleptik. Selain itu dilakukan analisis kelayakan usaha produk keripik kelapa rasa jahe sehingga diperoleh harga jual keripik kelapa rasa jahe.
Berdasarkan hasil pengujian, nilai kadar antioksidan keripik kelapa dengan penambahan ekstrak jahe emprit berturut-turut pada hari 0, 10, 20 adalah 20,64%, 18,99%, dan 13,65%. Nilai kadar TBA keripik kelapa rasa jahe emprit berturut-turtu pada hari 0, 10, dan 20 adalah sebanyak 0.123 mg malonaldehid/kg, 0.158 mg malonaldehid/kg, dan 0.115 mg malonaldehid/kg. Berdasarkan hasil uji organoleptik, keripik kelapa dengan penambahan ekstrak jahe emprit utuh merupakan formulasi terbaik. Berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha menujukkan bahwa usaha keripik kelapa rasa jahe emprit layak untuk dilaksanakan dengan harga jual Rp 8.000/bungkus.
Kata Kunci : Keripik, Keripik Kelapa, Jahe Emprit, Proses Produksi Coconut Chips dengan Penambahan Rasa Jahe Emprit, Analisis Ekonomi, Analisis Kelayakan Usaha

 

×
Penulis Utama : Ocviyanti Hendra Rezky
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H3115053
Tahun : 2018
Judul : Proses Produksi Coconut Chips dengan Penambahan Ekstrak Jahe Emprit
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : D-3 Teknologi Hasil Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prog. Studi Diploma III Teknologi Hasil Pertanian - H3115053 -2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Kawiji, MP.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.